UPAYA GURU DALAM MENGHADAPI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI KELAS I A SDN GIWANGAN YOGYAKARTA

Afrida Ayu Rahmawati, NIM : 15480014 (2019) UPAYA GURU DALAM MENGHADAPI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI KELAS I A SDN GIWANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENGHADAPI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI KELAS I A SDN GIWANGAN YOGYAKARTA)
15480014_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKApdf.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENGHADAPI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI KELAS I A SDN GIWANGAN YOGYAKARTA)
15480014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan inklusif yang diterapkan di SDN Giwangan Yogyakarta bertujuan untuk memfasilitasi ABK di luar sana agar dapat belajar bersama dan merasakan pembelajaran bersama teman- teman sebayanya di sekolah umum.. Tanpa dipungkiri dalam penciptaan pembelajaran di kelas inklusif tersebut terdapat hal-hal yang dapat dikatakan sebagai bentuk dari problematika pembelajaran. Kesempatan kali ini tujuan penelitian yang dilakukan peneliti adalah: (1) mengetahui proses pembelajaran pada anak tunagrahita ringan di kelas I A, (2) mengetahui problematika pembelajaran yang terjadi pada anak tunagrahita ringan baik, serta (3) mengetahui upaya guru dalam mengatasi problematika yang ada. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan penggunaan strategi studi kasus. Subyek penelitian yaitu wali kelas I A yang mengajar di kelas yang memiliki target penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, pengumpulan dokumentasi, serta catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) penyesuaian yang dilakukan wali kelas dalam mengelola pembelajaran, (2) wali kelas mendapati problematika selama melakukan perencanaan pembelajaran yaitu dalam pembuatan RPP, guru juga mendapati problematika dalam pelaksanaan pembelajaran dalam hal rombongan belajar yang melebihi batas maksimal, kemampuan belajar sang anak tunagrahita ringan yang masih perlu penanganan khusus, (3) upaya yang dilakukan dengan modifikasi RPP, pengelolaan dan manajemen disiplin kelas, pengembangan pengajaran yang tepat, serta pemberian perhatian khusus dan pendampingan di kelas bimbingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M.Pd. Si.,
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran, Tunagrahita Ringan, Upaya Guru
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Jan 2020 09:46
Last Modified: 06 Jan 2020 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37226

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum