PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CELEMEK CERITA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II A MIN 1 SLEMAN

Nuryanda Azura, NIM.: 15480016 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CELEMEK CERITA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II A MIN 1 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CELEMEK CERITA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II A MIN 1 SLEMAN)
15480016_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CELEMEK CERITA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II A MIN 1 SLEMAN)
15480016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (726kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh penggunaan media celemek cerita terhadap prestasi belajar peserta didik kelas II A MIN 1 Sleman, 2) berapa besar pengaruh penggunaan media celemek cerita terhadap prestasi belajar peserta didik kelas II A MIN 1 Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre experimental yaitu one grup pretest- postest. Populasi terdiri dari seluruh peserta didik kelas II MIN 1 Sleman yang berjumlah 61 peserta didik, sedangkan sampel diambil setengah dari populasi yang berjumlah 31 peserta didik yaitu peserta didik kelas II A MIN 1 Sleman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Penelitian ini pengumpulan data menggunakan pretest posttest , sebelum melakukan penelitian instrument diuji validitas dan reliabilitasnya terlebih dahulu, uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas dan homogenitas, dan teknik analisis menggunakan uji hipotesis uji paired sampel T- Tes dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh penggunaan media celemek cerita terhadap prestasi belajar kelas II A MIN 1 Sleman. Terbukti dengan uji paired sampel T-Tes dengan nilai (Sig.2-tailed)= 0,001< 0,05yang mengatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Media celemek cerita memiliki sumbangan pengaruh sebesar 0,337 (33,7%) terhadap prestasi belajar peserta didik. Adapun sisanya 67,3% dijelaskan dengan faktor lain atau variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si,
Uncontrolled Keywords: Media, Celemek Cerita, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Jan 2020 09:51
Last Modified: 06 Jan 2020 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37228

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum