ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (SEGIEMPAT DAN SEGITIGA) DI KELAS VII MTs PLUS AZ-ZAHRO GANDRUNGMANGU CILACAP

Ika Kartika, NIM. 15600006 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (SEGIEMPAT DAN SEGITIGA) DI KELAS VII MTs PLUS AZ-ZAHRO GANDRUNGMANGU CILACAP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (SEGIEMPAT DAN SEGITIGA) DI KELAS VII MTs PLUS AZ-ZAHRO GANDRUNGMANGU CILACAP)
15600006_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR (SEGIEMPAT DAN SEGITIGA) DI KELAS VII MTs PLUS AZ-ZAHRO GANDRUNGMANGU CILACAP)
15600006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa kelas VII di MTs Plus Az-Zahro Gandrungmangu Cilacap yang ditinjau dari kecerdasan emosional siswa pada pokok bahawan bangun datar (segiempat dan segitiga). Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Plus Az-Zahro Gandrungmangu Cilacap pada kelas VII. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah peneliti sebagai instrument utama yang dibantu dengan tes kecerdasan emosional untuk mengklasifikasikan tingkat kecerdasan emosional siswa, tes kemampuan literasi matematis dan wawancara. Teknik analisisdata dalam penelitian ini menggunakan teknik model Miles and Huberman yang meliputi 1) reduksi data. 2) display data. 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat satu dari tiga subjek yang memiliki kecerdasan emosional tinggi memiliki kemampuan literasi matematis yang serupa dengan subjek yang memiliki kecerdasan emosional sedang. Dua subjek dengan kecerdasan emosional tinggi sudah cukup baik dalam kemampuan Communication, Representation, Reasoning and Argument, Devising strategie for solving problem. Untuk satu subjek yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dan dua subjek yang memiliki kecerdasan emosional sedang cukup baik dalam kemampuan Communication. Perbedaan kemampuan literasi matematis ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional bukan menjadi satu-satunya faktor yang mempengaruhi capaian kemampuan literasi siswa. Kemampuan siswa dalam memahami soal berbentuk cerita dianggap menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi capaian siswa. Hal tersebut didukung dengan hasil wawancara terhadap guru yang menunjukkan bahwa siswa jarang diberikan soal berbentk cerita sehingga siswa tidak terbiasa dan kesulitan dalam memahami soal berbentuk cerita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: NurulArfinanti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Kemampuan Literasi Matematis, Segiempat, Segitiga
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 06 Jan 2020 14:12
Last Modified: 06 Jan 2020 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37243

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum