Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Cublak- Cublak Suweng (Modifikasi) di RA Ar Rafif Kalasan Sleman Yogyakarta

Munastiwi, Erni and Pandiangan, Enda Lovita and Rahayu, Sintami (2018) Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Cublak- Cublak Suweng (Modifikasi) di RA Ar Rafif Kalasan Sleman Yogyakarta. Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education, 1 (-). pp. 231-238. ISSN 2620-7974

[img]
Preview
Text
SAMPUL - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional Cublak- Cublak Suweng (Modifikasi) di RA Ar Rafif Kalasan Sleman Yogyakarta)
Erni Munastiwi, Enda Lovita Pandiangan, dan Sintami Rahayu - Metode Pengembangan Literasi Anak Usia.pdf - Published Version

Download (648kB) | Preview

Abstract

The purpose of this research is to study the method of developing early childhood literacy. To develop a literacy in early childhood needs a method that is appropriate to the early childhood development stage is required by the traditional game ‘Cublak-Cublak Suweng’ (modification). This research uses qualitative method research with descriptive analysis method. The data collection technique are observation, interview and documentation. The results conclude that 1) the implementation of early childhood literacy development method in RA Ar Rafif Kalasan, Sleman, D.I.Yogyakarta using a traditional game modified ‘Cublak-Cublak Suweng’ (modification) are media, rules of play and song lyrics used in the development of literacy. 2) the method of developing in early childhood literacy through game ‘Cublak-Cublak Suweng’ (modification) effective to introduce a literacy. This is because it can attract children to learn literacy through play the game. Children feel excited and enthusiastic to play guessing letters contained in the media and songs sung according to the purpose of learning literacy. Therefore the child competes to memorize all the letters in order to win the game. 3) the method of literacy development has implication for the development of the child’s language. Children are more likely to acquire metalinguistic knowledge through the introduction of letters that are integrated with playing and singing activities. Thus, the process of developing early childhood literacy in RA Ar Rafif, Kalasan, Sleman, D.I.Yogyakarta is effective and fun. [Tujuan penelitian untuk mengkaji metode pengembangan literasi anak usia dini. Untuk mengembangkan literasi pada anak usia dini diperlukan metode yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Salah satu metode yang dapat menjadi alternatif adalah pengembangan literasi anak usia dini melalui permainan tradisional cublak-cublak suweng (modifikasi). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa 1) implementasi metode pengembangan literasi anak usia dini di RA Ar Rafif Kalasan menggunakan permainan tradisional cublak-cublak suweng (modifikasi), yang dimodifikasi adalah media, aturan main, dan lirik lagu yang digunakan dalam pengembangan literasi; 2) metode pengembangan literasi anak usia dini melalui permainan cublak-cublak suweng (modifikasi) efektif untuk mengenalkan literasi. Hal ini disebabkan dapat menarik minat anak belajar literasi melalui bermain. Anak merasa senang dan antusias bermain tebak huruf yang terdapat pada media dan lagu yang dinyanyikan sesuai tujuan belajar literasi. Sehingga anak berkompetisi menghafalkan semua huruf agar dapat menang dalam permainan; 3) metode pengembangan literasi memiliki implikasi terhadap perkembangan bahasa anak. Anak lebih mudah memperoleh pengetahuan metalinguistik melalui pengenalan hurufhuruf yang diintegrasikan dengan kegiatan bermain dan bernyanyi. Dengan demikian, proses pengembangan literasi anak usia dini di RA Ar Rafif efektif dan menyenangkan.] Keywords: method, literacy, early childhood, traditional game

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: method, literacy, early childhood, traditional game
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Jan 2020 10:16
Last Modified: 07 Jan 2020 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37249

Actions (login required)

View Item View Item