IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PROGRAM TAHFIẒUL QUR’AN SISWA KELAS III MI NURUL ULUM KRETEK BANTUL YOGYAKARTA

Farida Noor Isnaini, NIM.: 15480021 (2019) IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PROGRAM TAHFIẒUL QUR’AN SISWA KELAS III MI NURUL ULUM KRETEK BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PROGRAM TAHFIẒUL QUR’AN SISWA KELAS III MI NURUL ULUM KRETEK BANTUL YOGYAKARTA)
15480021_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEBERHASILAN PROGRAM TAHFIẒUL QUR’AN SISWA KELAS III MI NURUL ULUM KRETEK BANTUL YOGYAKARTA)
15480021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (867kB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan keberhasilan program tahfiẓul Qur‟an siswa kelas III di MI Nurul Ulum Kretek Bantul Yogyakarta? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pada implementasi metode Yanbu’a pada program tahfiẓul Qur‟an di MI Nurul Ulum Kretek Bantul Yogyakarta? (3) Bagaimanakah keberhasilan implementasi metode Yanbu’a pada program tahfiẓul Qur‟an di MI Nurul Ulum Kretek Bantul Yogyakarta? Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena memberikan gambaran tentang permasalahan melalui analisis dengan menggunakan pendekatan ilmiah sesuai dengan keadaan sebenarnya yaitu untuk mendapatkan deskripsi atau gambaran umum tentang implementasi metode Yanbu’a pada program tahfiẓul Qur‟an siswa kelas III di MI Nurul Ulum Kretek Bantul Yogyakarta. Dalam proses pengumpulan data, penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu, observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa 1) implementasi metode Yanbu’a pada program tahfiẓul Qur‟an bertujuan untuk mencerdaskan kemampuan siswa dalam membaca serta menghafal Al-Qur‟an dengan makhraj yang baik dan benar sejak usia dini dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu penyusunan program, pelaksanaan program, dan evaluasi program. 2) Faktor pendukung dalam menajemen implementasi program tahfiẓ Al-Qur`an yaitu usia siswa, tenaga pengajar berkompeten, keadaan lingkungan, perhatian guru, motivasi dari orang tua, fasilitas yang memadai, penghargaan bagi siswa yang tuntas hafalannya, kegiatan pendukung di luar kegiatan belajar mengajar. Sedangkan Faktor penghambat dalam implementasi menajemen program tahfiẓ Al-Qur`an yaitu terbatasnya alokasi waktu kegiatan belajar mengajar,lingkungan pergaulan, kurang dapat mengatur waktu, lupa. 3) Penerapan metode Yanbu’a pada program tahfiẓul Qur‟an siswa kelas III di MI Nurul Ulum menampakkan keberhasilan. Dilihat dari data prestasi hafalan dan penilaian kelas III dengan menerapkan metode Yanbu’a lebih dari setengah jumlah siswa keseluruhan mampu membaca dan menghafal Al-Qur‟an sesuai dengan target materi yang telah ditetapkan. Sehingga dengan demikian implementasi metode Yanbu’a dapat dikatakan berhasil pada program tahfiẓul Qur‟an di kelas III MI Nurul Ulum, dengan presentase keberhasilan 50 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Mangun Budiyanto, M. Si.,
Uncontrolled Keywords: implementasi, metode Yanbu’a, keberhasilan, tahfiẓul Qur‟an
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Jan 2020 13:28
Last Modified: 07 Jan 2020 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37253

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum