PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI

DEWI HINDUN, NIM : 15480033 (2019) PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI)
15480033_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI)
15480033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

SD Muhammadiyah Sokonandi menggunakan Problem Based Learning diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan masalah. (2) Mengetahui hasil dari proses Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan model-model Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduksi, data display, conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning pada setiap tahap kegiatan pembelajaran yang digunakan di SD Muhammadiyah Sokonandi menggunakan Problem Based Learning, guru telah menyajikan beberapa sintak yaitu orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Dari hasil proses pembelajaran kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dilihat dari tercapainya enam dari tujuh indikator yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.,
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Jan 2020 13:58
Last Modified: 07 Jan 2020 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37260

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum