PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA TERHADAP GURU DI KELAS 4 B MI AL-IKHSAN MEDARI SLEMAN

Devi Apriliastuti, NIM. 15480050 (2019) PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA TERHADAP GURU DI KELAS 4 B MI AL-IKHSAN MEDARI SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA TERHADAP GURU DI KELAS 4 B MI AL-IKHSAN MEDARI SLEMAN0)
15480050_BAB I_ V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA TERHADAP GURU DI KELAS 4 B MI AL-IKHSAN MEDARI SLEMAN)
15480050_BAB II_ III_ IV.pdf - Published Version

Download (594kB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan, pendidikan tidak hanya bertujuan untuk menjadikan lulusannya cerdas tetapi juga berakhlak mulia khususnya dalam sikap sopan santun siswa. Peran orang tua dalam memberikan pendidikan moral terhadap anak, bertujuan untuk membentuk manusia seutuhnya. lemahnyakarakterdan moral bangsa Indonesia dapatdilihatdariberbagaifenomena masalah-masalah moral di Indonesia. Dengandemikianadanyapendidikankarakter serta program-program unggulan yang ada di sekolah, yang digunakan untuk meningkatkan moral anak dinilai sangat membantu mengembangkan potensi manusia.Di MI Al-Ikhsan Medari Sleman terdapat program-pragram yang bertujuan meningkatkan sopan santun siswa terhadap guru dan semua warga madrasah, program tersebut yaitu setiap pagi siswa harus bersalaman dengan bapak serta ibu guru, serta peningkatan-peningkatan sikap disiplin siswa. Tujuan dari penelitian ini ada dua, yaitu; 1) untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam menanamkan sikap sopan santun siswa terhadap guru di kelas 4 B MI Al-Ikhsan Medari Sleman, 2) serta apa saja faktor pendukung dan peghambat yang menyebabkan siswa tidak bersikap sopan terhadap guru di kelas 4 B MI Al-Ikhsan Medari Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penelitian untuk mendapatkan deskripsi tentang peran orang tua dalam meningkatkan sikap sopan santun siswa. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Variabel dalam penelitian ini adalah peran orang tua dan bagaimana peran tersebut dapat meningkatkan sopan santun siswa. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas 4 B. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, teknik observasi partisipasi pasif, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dalam meningkatkan sikap sopan santun siswa kepada guru di kelas 4 B MI Al-Ikhsan Medari Sleman ada dua, yaitu; 1) bahwa orang tua sudah semaksimal mungkin dalam hal upaya meningkatkan sikap sopan santun anak, yaitu dengan cara menasehati atau memberikan contoh yang baik kepada anaknya bagaimana cara bersikap dengan orang yang ix lebih tua. 2) Untuk faktor pendukung dimulai dari kemauan diri dari anak tersebut serta dukungan atau pendidikan yang baik yang diberikan oleh keluarganya, faktor penghambat adalah dari pendidikan di sekolah yaitu kurangnya pengawasan dari kepala sekolah dan guru, serta teman sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Peran, Orang Tua, dan Sopan santun
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jan 2020 10:15
Last Modified: 08 Jan 2020 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37269

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum