NILAI-NILAI KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM BUKU “105 KISAH TELADAN PARA KHALIFAH UNTUK ANAK” KARYA MUHAMMAD YASIR, LC DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH

Wahyu Nilam Cahyani, NIM.15480054 (2019) NILAI-NILAI KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM BUKU “105 KISAH TELADAN PARA KHALIFAH UNTUK ANAK” KARYA MUHAMMAD YASIR, LC DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM BUKU “105 KISAH TELADAN PARA KHALIFAH UNTUK ANAK” KARYA MUHAMMAD YASIR, LC DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH)
15480054_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM BUKU “105 KISAH TELADAN PARA KHALIFAH UNTUK ANAK” KARYA MUHAMMAD YASIR, LC DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH)
15480054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (530kB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) apa saja nilai-nilai karakter peduli sosial dalam buku “105 Kisah Teladan Para Khalifah untuk Anak” karya Muhammad Yasir, Lc, (2) bagaimanakah relevansi nilai-nilai karakter peduli sosial dalam buku “105 Kisah Teladan Para Khalifah untuk Anak” karya Muhammad Yasir, Lc bagi anak usia Madrasah Ibtidaiyah. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui nilainilai karakter peduli sosial yang terkandung dalam buku “105 Kisah Teladan Para Khalifah untuk Anak” karya Muhammad Yasir, Lc, (2) mendeskripsikan relevansi nilai-nilai karakter peduli sosial dalam buku “105 Kisah Teladan Para Khalifah untuk Anak” karya Muhammad Yasir, Lc bagi anak usia Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan kajian isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan nilai-nilai karakter peduli sosial dalam buku “105 Kisah Teladan Para Khalifah untuk Anak” yaitu membagi makanan dengan teman, meminjamkan alat kepada teman yang tidak membawa atau tidak punya, mengunjungi rumah yatim dan orang jompo, menghormati petugas-petugas sekolah, dan membantu teman yang sedang memerlukan bantuan. Nilainilai tersebut relevan bagi anak usia madrasah ibtidaiyah, karena dapat dijadikan sebagai alat mendidik untuk membagun karakter peduli anak, dapat diterapkan anak-anak di lingkungannya, menyertakan ilustrasi, serta dapat mendukung ketercapaian tugas perkembangan anak usia madrasah ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rohinah, S.Pd., M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Karakter, Peduli Sosial, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Jan 2020 10:53
Last Modified: 08 Jan 2020 10:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37274

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum