UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MEDIA GAMBAR DI TK NDASARI BUDI KRAPYAK YOGYAKARTA

M. SYUKRON - NIM. 04430977, (2010) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MEDIA GAMBAR DI TK NDASARI BUDI KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MEDIA GAMBAR DI TK NDASARI BUDI KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (766kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MEDIA GAMBAR DI TK NDASARI BUDI KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mendapatkan alternatif untuk meningkatkan keterampilan siswa Kelas B TK Ndasari Budi Krapyak Yogyakarta dalam penjumlahan dan pengurangan. Peningkatan keterampilan dalam penjumlahan dan pengurangan tersebut diupayakan melalui pembelajaran dengan media gambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif didukung dengan data kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas B TK Ndasari Budi Krapyak Yogyakarta dan 1 guru sebagai kolaborator. Objek penelitian ini adalah keseluruhan proses pembelajaran dengan media gambar, dengan Model Kelinci. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, hasil tes belajar, hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran dengan media gambar, keterampilan siswa dalam penjumlahan dan pengurangan mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa pada proses penjumlahan, yaitu pada pretes siklus I sebesar 95 dan postes siklus I sebesar 96. Adapun skor rata-rata pretes siklus II sebesar 98 dan postes siklus II sebesar 99. Demikian pula pada proses pengurangan, skor rata-rata pretes siklus III sebesar 93 dan postes siklus III sebesar 95. Dan skor rata-rata pretes siklus IV sebesar 97 dan postes siklus IV sebesar 98. Dalam pembelajaran ini peneliti menggunakan media gambar yang dimodifikasi sedemikian rupa, lalu dipergunakan untuk proses penjumlahan dan pengurangan 1-10, dengan menggunakan Model Kelinci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sumardyono, M.Pd., Estina Ekawati, S.Si, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Media Gambar, Penjumlahan, Pengurangan, Keterampilan.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 15 Aug 2012 12:04
Last Modified: 14 Dec 2016 07:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3728

Actions (login required)

View Item View Item