MANAJEMEN PEMBERITAAN DI SURAT KABAR HARIAN JOGJA

NUR SAIPAN KAMAL - NIM. 05210055, (2010) MANAJEMEN PEMBERITAAN DI SURAT KABAR HARIAN JOGJA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBERITAAN DI SURAT KABAR HARIAN JOGJA)
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (697kB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBERITAAN DI SURAT KABAR HARIAN JOGJA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

Di Era reformasi sekarang ini banyak ditandai dengan maraknya media massa sebagai sarana komunikasi massa dan alat pembentuk opini publik, sangatlah membantu dalam kehidupan manusia untuk saling bertukar pikiran, berbagi pengalaman, dan informasi dalam volume yang relatif besar. Media massa baik elektronik maupun cetak merupakan media komunikasi pertama yang dikenal manusia sebagai media yang memiliki ciri-ciri komunikasi massa, yaitu satu arah, melembaga, dan umum. Dengan adanya media massa, mata dan hati kita akan terbuka untuk mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Penulis menitikberatkan pada media massa cetak berbentuk surat kabar, khususnya Surat Kabar Harian Jogja yang tepatnya berada di Jalan MT Haryono 7B Yogyakarta, yang merupakan salah satu dari sekian pers lokal yang terbit di Indonesia. Uniknya, meskipun Surat Kabar Harian Jogja tergolong pers lokal, namun kehadirannya disambut hangat oleh masyarakat, baik masyarakat Kabupaten Kodya Jogja maupun dari masyarakat luar. Hal ini demi memenuhi kebutuhan akan informasi, pendidikan, berita, iklan, dan hiburan, sehingga pemasarannya telah menerobos sampai ke wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. Surat Kabar Harian Jogja cukup lihai dalam menarik perhatian masyarakat dengan menampilkan kreasi dalam menampilkan kolom, kejelasan gambar (foto), menentukan head line, memilih kosa kata, dan menyusun kalimat dalam beritanya, sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Berbagai berita yang dimuat dalam Surat Kabar Harian Jogja tidak hanya meliputi peristiwa-peristiwa yang terjadi di Kota Jogja saja, melainkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di wilayah Jawa Tenggah dan sekitarnya. Dalam hal ini tentunya diperlukan manajemen pemberitaan yang dapat menjaga kualitas Harian Jogja. Pada judul di atas yang dimaksud dengan quot;Manajemen Pemberitaan quot; adalah proses pengelolaan materi pemberitaan melalui tahap-tahap perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan, yang mencakup proses peliputan, penulisan, sampai pada editing (penyuntingan) hingga menjadi berita yang layak untuk diterbitkan. Karena menurut Kurniawan Junaedhi, redaksi adalah bagian atau orang dalam sebuah organisasi perusahaan pers yang bertugas untuk menolak dan mengizinkan pemuatan sebuah tulisan atau berita. Adapun pertimbangan yang digunakan bisa menyangkut aspek apakah nilai tulisan atau berita itu bernilai berita atau tidak, menarik tidaknya bagi pembaca, serta menjaga corak politik yang dianut penerbitan pers tersebut. Di samping itu redaksi juga bertugas untuk memperhatikan bahasa, akurasi, dan kebenaran tulisan berita, termasuk di dalamnya menjaga agar tidak terjadi salah cetak. Dari sinilah penulis tertarik untuk mengetahui manajemen redaksional yang diterapkan pada Surat Kabar Harian Jogja demi menjaga kualitas produk. Dari latar belakang tersebut diambil rumusan masalah: Bagaimana manajemen pemberitaan pada Surat Kabar Harian Jogja Periode Juni 2009 di Daerah Istimewa Jogjakarta?

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Endang Sulistyasari, M.Si., dan Saptoni,M,Ag,
Uncontrolled Keywords: Media massa, media komunikasi, Surat Kabar Harian Jogja, pengelolaan materi pemberitaan
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Aug 2012 21:49
Last Modified: 16 Oct 2015 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3730

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum