STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI SD BUDI MULIA DUA PANJEN YOGYAKARTA

Rinna Wahyuny, NIM: 15480079 (2019) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI SD BUDI MULIA DUA PANJEN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI SD BUDI MULIA DUA PANJEN YOGYAKARTA)
15480079_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DI SD BUDI MULIA DUA PANJEN YOGYAKARTA)
15480079_BAB II_sampai_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Eksistensi dari sebuah lembaga pendidikan bagi masyarakat adalah dengan berhasil memuaskan para konsumen jasa pendidikan. Output kepuasan konsumen jasa pendidikan dapat tercermin dari upaya sekolah dalam memasarkan sekolahnya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari strategi pemasaran jasa pendidikan, serta mengetahui daya saing yang dimiliki di SD Budi Mulia Dua Panjen Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran jasa pendidikan yang diterapkan menggunakan dua cara yaitu: secara langsung (melalui media sosial dengan cara mengaktifkan instagram dan mengembangkan website yang berisi info sekolah secara lengkap, mendatangi lembaga dengan yayasan yang sama yaitu yayasan budi mulia dua), dan promosi secara tidak langsung (membangun hubungan yang baik dengan wali siswa melalui komunikasi pada grup whatsapp maupun ketika bertemu langsung di lingkungan sekolah, melibatkan orang tua dalam kegiatan sekolah yaitu orang tua diundang dalam kegiatan gardening untuk memetik hasil dari tumbuhan yang ditanam oleh siswa-siswi, menampilkan bakat siswa-siswi dalam acara di luar sekolah yaitu edu fair dan pameran pendidikan lainnya). Hasil dari strategi yang diterapkan adalah: meningkatnya jumlah pendaftar dalam tiga tahun terakhir yaitu sebesar 9%, adanya layanan pendidikan berupa input-proses-output, peningkatan prestasi khususnya dalam bidang non akademik, dan tewujudnya loyalitas konsumen pendidikan terbukti dari adanya kerjasama antara sekolah, siswa dan orang tua dalam berbagai kegiatan yang diadakan oleh sekolah, salah satunya parents volunteer. Daya saing yang dimiliki adalah slogan yang berisi “bersekolah dengan senang, dan senang di sekolah”, berkaitan dengan slogan ix tersebut sekolah mewujudkannya dalam penerapkan metode belajar fun learning yang berkesinambungan dengan fasilitas yang dipakai salah satunya ruang kelas dengan konsep flexibel citting calssroom serta siswa-siswi dibekali kegiatan inti maupun kegiatan ekstrakulikuler yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan softskillnya dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Izzatin Kamala, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Daya Saing, SD
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Jan 2020 08:47
Last Modified: 10 Jan 2020 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37314

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum