HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN DI SDLB PGRI TRIMULYO BANTUL

Evita Nela Rizqi, NIM: 15480083 (2019) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN DI SDLB PGRI TRIMULYO BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN DI SDLB PGRI TRIMULYO BANTUL)
15480083_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN DI SDLB PGRI TRIMULYO BANTUL)
15480083_BAB-II-sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (829kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya keterbatasan intelegensi yang dimiliki oleh peserta didik tunagrahita ringan di SDLB PGRI Trimulyo Bantul, sehingga dapat menyebabkan berkurangnya tingkat kemandirian pada peserta didik tunagrahita ringan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan tingkat kemandirian peserta didik tunagrahita ringan di SDLB PGRI Trimulyo Bantul, (2) Untuk mendeskripsikan tingkat dukungan orang tua peserta didik tunagrahita ringan di SDLB PGRI Trimulyo Bantul, (3) Untuk menguji secara empiris hubungan antara dukungan orang tua dengan kemandirian peserta didik tunagrahita ringan di SDLB PGRI Trimulyo Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian korelasional. Bertujuan untuk mencari korelasi atau hubungan antar variabel, dengan populasi peserta didik tunagrahita ringan di SDLB PGRI Trimulyo Bantul. Menggunakan teknik sampling jenuh dengan 29 peserta didik tunagrahita ringan. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi uji prasyarat analisis, uji korelasi produk momen, dan uji signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tingkat kemandirian peserta didik tunagrahita ringan di SDLB PGRI Trimulyo Bantul secara umum dalam kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 44,83%, (2) Tingkat dukungan orang tua peserta didik tunagrahita ringan di SDLB PGRI Trimulyo Bantul secara umum dalam kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 48,27%, (3) Ada hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dengan kemandirian peserta didik tunagrahita ringan di SDLB PGRI Trimulyo Bantul, (rxy = 0,982 dan p sebesar 0,000 (two-tailed) < 0,05) dengan demikian Ho ditolak dan hipotesis penelitian Ha dinyatakan diterima. Berdasarkan r tabel maka termasuk kategori sangat tinggi / sangat kuat, serta memiliki hubungan yang positif, artinya apabila dukungan orang tua tinggi, maka akan diikuti pula dengan tingginya kemandirian peserta didik tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Psi. MA,
Uncontrolled Keywords: Dukungan Orang Tua, Kemandirian, Tunagrahita
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Jan 2020 08:53
Last Modified: 10 Jan 2020 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37315

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum