PROSES PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK AUTIS DI KELAS V INKLUSI SD INTERNATIONAL ISLAMIC (INTIS) SCHOOL YOGYAKARTA

Tugiran, NIM: 15480094 (2019) PROSES PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK AUTIS DI KELAS V INKLUSI SD INTERNATIONAL ISLAMIC (INTIS) SCHOOL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PROSES PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK AUTIS DI KELAS V INKLUSI SD INTERNATIONAL ISLAMIC (INTIS) SCHOOL YOGYAKARTA)
15480094_BAB_I_V_DAFTAR-PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROSES PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK AUTIS DI KELAS V INKLUSI SD INTERNATIONAL ISLAMIC (INTIS) SCHOOL YOGYAKARTA)
15480094_BAB_II_SAMPAI-SEBELUM-AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pembelajaran pada peserta didikautisdi kelas V inklusi SD INTIS School Yogyakarta, (2) Dampak apa yang terjadi setelah dilakukannya pembelajaran pada peserta didik autis di kelas V inklusiSD International Islamic (INTIS) School Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mengambil lokasi di SD INTIS School Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, kemudian dari makna itulah ditarik kesimpulan. pemeriksa keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru kelas dengan menggunakan model kurikulum yang diterapkan adalah duplikasi dengan pengembangan dalam proses pembelajaran. Pengembangan tersebut dalam soal untuk peserta didik autis diberikan keringanan berupa pengurangan pilihan dalam pilihan ganda, pemberian bantuan dalam soal isian singkat dan keringanan penilaian dalam soal uraian. Proses awal pembelajaran guru kelas membiasakan dengan shalat dhuha, murajaah hafalan surat-surat pendek, hafalan hadits dan melakukan brain gym agar senang mengikuti awal pembelajaran. Kegiatan inti dengan mengaplikasian kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan sedangkan untuk kegiatan penutup dengan melakukan timbal balik terhadap pembelajaran yang telah dilakukan serta melakukan penilaian dengan tes tulis dan non tulis.(2) Dampak setelah dilakukannya pembelajaran bagi peserta didik autis adalah adanya peningkatan pemahaman komunikasi dengan mampu peserta didik autis menkomunikasikanmateri yang telah dipelajari, mampu menjawab pertanyaan dengan cepat, mampu mengucapkan kata lebih jelas meningkatnya keterampilan sosial ditandai dengan mampunya peserta didik autis bergabung dengan teman, menunjukkan sikap disiplin dalam berbagai aktivitas pembelajaran, lebih percaya diri, mampu bekerjasama dengan teman sebayanya dan mampu mengerjakan soal dengan secara mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Maemonah, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Peserta Didik, Autis
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Jan 2020 09:28
Last Modified: 10 Jan 2020 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37321

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum