PENGEMBANGAN HAND OUT KIMIA SEBAGAI BAHAN AJAR KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER 2 BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

NIDA KAMILA - NIM. 05440010, (2010) PENGEMBANGAN HAND OUT KIMIA SEBAGAI BAHAN AJAR KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER 2 BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN HAND OUT KIMIA SEBAGAI BAHAN AJAR KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER 2 BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP))
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN HAND OUT KIMIA SEBAGAI BAHAN AJAR KIMIA UNTUK SMA/MA KELAS X SEMESTER 2 BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (233kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menyusun hand out kimia sebagai bahan ajar kimia untuk SMA/MA kelas X semester 2 berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang memenuhi kriteria kualitas. Dengan demikian hand out kimia dapat digunakan sebagai acuan guru dalam pembelajaran kimia sekaligus dapat dipakai oleh peserta didik sebagai tambahan sumber belajar. Di samping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menilai hand out kimia yang memenuhi kriteria hand out yang berkualitas menurut penilaian guru kimia SMA/MA. Prosedur pengembangan hand out terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Masing-masing tahapan tersebut terdiri atas beberapa langkah penelitian. Hand out diberi masukan oleh 1 orang dosen pembimbing, 2 orang ahli media, dan 3 orang teman sejawat (peer reviewer). Hand out ini kemudian dinilai kualitasnya oleh 5 orang guru Kimia SMA/MA. Penilaian hand out didasarkan pada 12 aspek penilaian, yaitu: pendekatan penulisan, kebenaran konsep, kedalaman konsep, keluasan konsep, kejelasan kalimat, kebahasaan, percobaan/kegiatan kimia, evaluasi, keterlaksanaan, struktur hand out, penampilan fisik hand out, dan pustaka acuan. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk deskriptif kemudian diubah menjadi skor. Skor rata-rata hand out diubah menjadi kategori nilai sehingga kualitas hand out dapat ditentukan melalui konversi skor rata-rata data dengan kategori nilai tersebut. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa hand out kimia sebagai bahan ajar kimia untuk SMA/MA kelas X semester 2 Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) memenuhi kriteria kualitas. Berdasarkan penilaian guru, kualitas hand out yang telah disusun termasuk kategori sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 129,6 (dari skor maksimal 150) atau persentase keidealan 86,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Liana Aisyah, S.Si, M.A.
Uncontrolled Keywords: Hand out kimia, penelitian pengembangan, KTSP.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2012 10:23
Last Modified: 19 Feb 2016 03:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3735

Actions (login required)

View Item View Item