STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS II B DI SD NEGERI CEBONGAN SLEMAN

Cici Kumalasari, NIM : 15480107 (2019) STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS II B DI SD NEGERI CEBONGAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS II B DI SD NEGERI CEBONGAN SLEMAN)
15480107_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PESERTA DIDIK KELAS II B DI SD NEGERI CEBONGAN SLEMAN)
15480107_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi bahwa SD Negeri Cebongan Sleman merupakan salah satu sekolah negeri yang banyak diminati oleh para pelajar. Kurikulum yang digunakan di sekolah SD Negeri Cebongan Sleman kurikulum 2013 yang berbasis pada pembelajaran tematik. Namun, ada beberapa hal yang masih harus menjadi perhatian bagi guru SD Negeri Cebongan dalam mengelola kelas khususnya pada kelas II B SD Negeri Cebongan Sleman dalam proses kegiatan pembelajaran tematik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui, 1) Strategi pengelolaan kelas yang dilakukan guru kelas II B di SD Negeri Cebongan Sleman dan untuk mengetahui 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran tematik pada peserta didik kelas II B di SD Negeri Cebongan Sleman. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru wali kelas II B, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif, yang uraiannya berdasarkan pada gejalagejala yang tampak. Agar hasil penelitian berjalan dengan baik, maka proses analisa data tersebut dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Untuk menguji keabsahan data, menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan strategi pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru wali kelas II B meliputi: a) strategi menyusun rencana pembelajaran, b) strategi membangun kerja sama peserta didik, c) pemberian motivasi belajar, d) strategi menciptakan iklim belajar, e) upaya dalam menciptakan disiplin belajar peserta didik, f) pelaksanaan evaluasi proses pembelajaran. 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi pengelolaan kelas, a) faktor pendukungnya yaitu sarana dan prasarana yang sudah cukup lengkap untuk terselenggaranya kegiatan belajar mengajar, b) faktor penghambatnya yaitu terletak pada peserta didik kelas II B sendiri, karena belum bisa fokus sepenuhnya dengan materi pembelajaran tematik yang diajarkan oleh guru. Selain itu, guru juga belum mampu mengkreasikan pembelajaran tematik dengan beragam strategi, model, metode, dan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Asnafiyah, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Strategi pengelolaan kelas, Pembelajaran Tematik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Jan 2020 09:17
Last Modified: 13 Jan 2020 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37352

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum