ANALISIS KEPRIBADIAN GURU KELAS MENURUT TEORI PERSONALITY PLUS FLORENCE LITTAUER DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Siti Aminah, NIM.: 15480114 (2019) ANALISIS KEPRIBADIAN GURU KELAS MENURUT TEORI PERSONALITY PLUS FLORENCE LITTAUER DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEPRIBADIAN GURU KELAS MENURUT TEORI PERSONALITY PLUS FLORENCE LITTAUER DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
15480114_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEPRIBADIAN GURU KELAS MENURUT TEORI PERSONALITY PLUS FLORENCE LITTAUER DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO BANGUNTAPAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
15480114_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (703kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah: (1) mengungkap kepribadian guru kelas menurut teori Personality Plus Florence Littauer di SD Muhammadiyah Karangbendo Banguntapan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dan (2) mengkaji aktualisasi kepribadian guru kelas dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari menurut teori Personality Plus Florence Littauer di SD Muhammadiyah Karangbendo Banguntapan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan pokok bahasan mengenai “dunia kehidupan” personal, dan mencoba untuk menggambarkan pengalaman seseorang sebagai individu di dalam wilayah khusus yang penuh makna, yaitu guru kelas di sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan uji profil kepribadian, observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif model alir dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan member check. Hasil dari penelitian adalah (1) tipe kepribadian guru kelas menurut teori Personality Plus Florence Littauer di SD Muhammadiyah Karangbendo Banguntapan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta beragam. Hal tersebut dibuktikan dengan terungkapnya tipe kepribadian dari sepuluh guru kelas, yaitu terdapat satu guru kelas dengan tipe kepribadian koleris yang kuat, seorang melankolis yang sempurna, seorang sanguinis yang populer, empat guru phlegmatis yang damai, dua guru sanguinis-koleris, dan satu guru tipe kepribadian melankolis-koleris yang merupakan tipe campuran atau kombinasi. (2) Aktualisasi dari empat tipe kepribadian dominan yaitu koleris yang kuat, melankolis yang sempurna, phlegmatis yang damai, dan sanguinis yang populer pada diri guru kelas di SD Muhammadiyah Karangbendo Banguntapan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta sangat beragam dalam hal bekerja, melakukan pembelajaran, dan cara masing-masing tipe kepribadian dalam menghadapi permasalahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. M. Jamroh Latief, M. Si.,
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Guru Kelas, Koleris, Melankolis, Phlegmatis, Sanguinis.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Jan 2020 09:47
Last Modified: 13 Jan 2020 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37358

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum