UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL ANOMALI BAB FLUIDA STATIS KELAS XI IPA SMA PIRI I YOGYAKARTA

NING SASITI DWI RATNA SARI - NIM. 05460001, (2010) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL ANOMALI BAB FLUIDA STATIS KELAS XI IPA SMA PIRI I YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL ANOMALI BAB FLUIDA STATIS KELAS XI IPA SMA PIRI I YOGYAKARTA)
BAB I, V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL ANOMALI BAB FLUIDA STATIS KELAS XI IPA SMA PIRI I YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan model pembelajaran yang sesuai untuk konsep fluida statis dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar fisika siswa. Berdasarkan hasil survey pembelajaran di SMA PIRI I Yogyakarta masih berpusat pada guru sehingga siswa tidak bebas dalam mengkonstruksi dan mengembangkan pengetahuannya. Dalam penelitian ini diujicobakan model pembelajaran anomali. Pembelajaran model ini merupakan pembelajaran dimana siswa sebelum pembelajaran dimulai, diberikan suatu data-data atau fenomena konflik. Penelitian ini dilakukan dalam 3 tahap yaitu orientasi, pemunculan gagasan dan penyusunan ulang gagasan. Model ini diujicobakan di kelas XI IPA SMA PIRI I Yogyakarta tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D, yang terdiri dari define, desain, develop dan disseminate. Namun pada pelaksanaanya tahap disseminate tidak dilaksanakan karena membutuhkan waktu yang lama dan dana yang cukup besar. Hasil ujicoba model tersebut diperoleh temuan bahwa model anomali untuk konsep fluida statis dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar fisika siswa. Pembelajaran anomali memiliki karakteristik dilandasi dengan pandangan konstruktivisme, berpusat pada siswa dengan melakukan aktivitas hands-on dan minds-on. Berdasarkan analisis data diperoleh adanya peningkatan persentase minat siswa yaitu 60,7 % (uji coba I), 88,8 % (uji coba II), 71,5% (uji coba I) dan peningkatan prestasi siswa dengan pengembangan pembelajaran menggunakan model anomali yaitu : 5,19 (uji coba I), 6,23 (uji coba II) dan 7,51 (uji coba III).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Winarti, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Anomali, minat, model 4-D, prestasi,
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 15 Aug 2012 12:14
Last Modified: 07 Dec 2016 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3736

Actions (login required)

View Item View Item