INTEGRASI PENDIDIKAN NILAI KE DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMAN DAN MAN KOTA YOGYAKARTA

YUYUN PRASETYOWATI UMAMAH - NIM. 05440025, (2010) INTEGRASI PENDIDIKAN NILAI KE DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMAN DAN MAN KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pendidikan Nilai yang diangkat oleh Rohmat Mulyana merupakan upaya yang direncanakan oleh pendidik atau lembaga pendidikan untuk dialami oleh pesrta didik agar terjadi proses sosialisasi dan internalisasi nilai-nilai yang dicitacitakan agar nilai itu menjadi bagian dari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru tentang Pendidikan Nilai dan bagaimana mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran kimia serta implementasi Pendidikan nilai ke dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini merupakan merupakan penelitian studi lapangan (survey) yang bersifat deskriptif kuantitatif-kualitatif. Populasi penelitian ini seluruh guru kimia di SMAN dan MAN kota Yogyakarta, sedangkan sampelnya guru kimia di SMAN 3 Kota Yogyakarta, SMAN 6 Kota Yogyakarta, SMAN 9 Kota Yogyakarta, MAN 1 Kota Yogyakarta, MAN 2 Kota Yogyakarta dan MAN 3 Kota Yogyakarta yang berjumlah 22 orang guru kimia. Untuk SMAN Kota Yogyakarta ditentukan dengan menggunakan random sampling, sedangkan untuk MAN Kota Yogyakarta menggunakan teknik sampling jenuh. Dari hasil penelitian didapatkan gambaran tentang integrasi pendidikan nilai yaitu tingkat pelaksanaan, tingkat pemahaman. Untuk tingkat pelaksanaan yaitu: (a) keikutsertaan guru kimia dalam mengikuti pelatihan. Dari 22 guru kimia yang sudah mengikuti pelatihan tentang integrasi Pendidikan Nilai ke dalam pembelajaran kimia hanya 2 orang (9%) yang sudah mengikuti pelatihan. (b) Tingkat penyelenggaran pelatihan, 71% mengikuti pelatihan pada tingkat Nasional, 14% pada tingkat propinsi dan kabupaten, sedangkan untuk tingkat sekolah belum pernah diikuti oleh guru kimia yang menjadi responden. (c) Penerapan integrasi Pendidikan Nilai ke dalam pembelajaran kimia 95 %. (d) Dampak yang dirasakan oleh peserta didik. Dari alternatif tentang dampak yang dirasakan oleh peserta didik mengenai integrasi Pendidikan Nilai ke dalam pembelajaran kimia, responden memilih alasan tertanamnya kecermatan dan ketelitian sebanyak 90% dan terbentuknya sikap ilmiah peserta didik dalam melakukan riset sebanyak 81%. Untuk pemahaman tentang integrasi Pendidikan Nilai yang ditentukan pada deskriptor yaitu dapat dilihat rerata pada masingmasing deskriptor sebanyak 82% dengan kategori sangat tinggi. Sedangkan hasil analisa untuk instrumen selain berdasarkan penilaian para ahli dan peer reviewer, didapatkan 30 butir pernyataan valid dari 40 butir pernyataan dan untuk reliabilitas memiliki 0,83 dan dinyatakan reliabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Liana Aisyah, S. Si., M.A.
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Pendidikan Nilai, pembelajaran kimia.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3740

Actions (login required)

View Item View Item