NILAI-NILAI DALAM RITUAL KEBO-KEBOAN SUKU USING BANYUWANGI PERSPEKTIF FILSAFAT MAX SCHELER

Ahmad Khoirul Umam, NIM: 14510038 (2019) NILAI-NILAI DALAM RITUAL KEBO-KEBOAN SUKU USING BANYUWANGI PERSPEKTIF FILSAFAT MAX SCHELER. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI DALAM RITUAL KEBO-KEBOAN SUKU USING BANYUWANGI PERSPEKTIF FILSAFAT MAX SCHELER)
HALAMAN DEPAN_BAB I_BAB V_14510038_Ahmad Khoirul Umam.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI DALAM RITUAL KEBO-KEBOAN SUKU USING BANYUWANGI PERSPEKTIF FILSAFAT MAX SCHELER)
BAB II_BAB III_BAB IV_14510038_Ahmad Khoirul Umam.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (947kB)

Abstract

Judul dari skripsi ini adalah “Nilai-Nilai dalam Ritual Kebo-Keboa Suku Using Banyuwangi Perspektif Filsafat Max Scheler”. Zaman modern yang perkembangannya sulit terbendung, memberikan tantangan terhadap budaya lokal yang keberadaanya kian terkikis. Dampak kemodernan bagi kehidupan, telah meberikan kehampaan spiritualitas dan nilai-nilai kehidupan bagi manusia, yang membuat manusia semakin terasingkan dalam kehidupan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang meliputi dua sumber data, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer terdiri dari wawancara langsung terhadap para pelaku ritual, sedangkan sumber data skunder terdiri dari beberapa buku, artikel, jurnal, dan skirpsi yang berkaitan dengan Ritual Kebo-Keboan. Dalam teknik pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara secara langsung. Dari ketiga teknik tersebut, kemudian hasil data akan diolah menggunakan metode deskripsi, interpretasi dan analisis, sehingga dapat menghasilkan penelitian yang lebih jelas dan mendasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini; 1. Sejarah dan perkembangan Ritual Kebo-Keboan, 2. Nilai-nilai yang terkandung dalam ritual menurut perspektif filsafat Max Scheler. Latar belakang lahirnya Ritual Kebo-keboan erat kaitannya dengan persoalan kehidupan masyarakat, khususnya dalam persoalan sosial-ekonomi pada waktu itu. Selain itu, dalam ritual tersebut, banyak mengandung nilai-nilai yang melekat dalam ritual, seperti nilai kenikmatan, nilai vitalitas, nilai kejiwaan, dan nilai kesucian atau religius, yang dijadikan sebagai pandangan hidup yang berpengaruh bagi kehidupan masyarakat Desa Alasmalang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Alim Roswantoro, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Judul dari skripsi ini adalah “Nilai-Nilai dalam Ritual Kebo-Keboa Suku Using Banyuwangi Perspektif Filsafat Max Scheler”. Zaman modern yang perkembangannya sulit terbendung, memberikan tantangan terhadap budaya lokal yang keberadaanya kian terkikis. Dampak kemodernan bagi kehidupan, telah meberikan kehampaan spiritualitas dan nilai-nilai kehidupan bagi manusia, yang membuat manusia semakin terasingkan dalam kehidupan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang meliputi dua sumber data, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer terdiri dari wawancara langsung terhadap para pelaku ritual, sedangkan sumber data skunder terdiri dari beberapa buku, artikel, jurnal, dan skirpsi yang berkaitan dengan Ritual Kebo-Keboan. Dalam teknik pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara secara langsung. Dari ketiga teknik tersebut, kemudian hasil data akan diolah menggunakan metode deskripsi, interpretasi dan analisis, sehingga dapat menghasilkan penelitian yang lebih jelas dan mendasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini; 1. Sejarah dan perkembangan Ritual Kebo-Keboan, 2. Nilai-nilai yang terkandung dalam ritual menurut perspektif filsafat Max Scheler. Latar belakang lahirnya Ritual Kebo-keboan erat kaitannya dengan persoalan kehidupan masyarakat, khususnya dalam persoalan sosial-ekonomi pada waktu itu. Selain itu, dalam ritual tersebut, banyak mengandung nilai-nilai yang melekat dalam ritual, seperti nilai kenikmatan, nilai vitalitas, nilai kejiwaan, dan nilai kesucian atau religius, yang dijadikan sebagai pandangan hidup yang berpengaruh bagi kehidupan masyarakat Desa Alasmalang.
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Jan 2020 10:26
Last Modified: 15 Jan 2020 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37430

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum