POLA ASUH ANAK MENURUT PRINSIP KELUARGA SAKINAH MAWADDAH DAN RAHMAH (STUDI DI DESA MAGUWOHARJO KEC. DEPOK KAB. SLEMAN YOGYAKARTA)

MUFLICHATUS SHOLICHAH, NIM. 12350076 (2019) POLA ASUH ANAK MENURUT PRINSIP KELUARGA SAKINAH MAWADDAH DAN RAHMAH (STUDI DI DESA MAGUWOHARJO KEC. DEPOK KAB. SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH ANAK MENURUT PRINSIP KELUARGA SAKINAH MAWADDAH DAN RAHMAH (STUDI DI DESA MAGUWOHARJO KEC. DEPOK KAB. SLEMAN YOGYAKARTA))
12350076_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH ANAK MENURUT PRINSIP KELUARGA SAKINAH MAWADDAH DAN RAHMAH (STUDI DI DESA MAGUWOHARJO KEC. DEPOK KAB. SLEMAN YOGYAKARTA))
12350076_BAB-II_sampai_SEBELEUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (357kB)

Abstract

Banyak sekali pembahasan pola asuh anak menurut prinsip keluarga sakinah, mawaddah dan rahmah di media sosial. Pembahasan ini dikaji dalam seminar dan pengajian. Orang tua memiliki teori-teori dalam pengasuhan dan pola asuh anak, namun tidak banyak yang bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan realita. Anak merupakan tongkat estafet penerus peruangan orang tua. Orang tua memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membangun jati diri anak. Tugas dan tanggung jawab orang tua terhadap anak-anaknya telah terpayungi dalam Undang- Undang Nomor 1 Tahun 1974. Penelitian ini merupakan field research atau penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan di Desa Maguwoharjo Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara terpimpin terhadap beberapa warga Desa Maguwoharjo yang dijadikan sebagai responden mengenail Pola Asuh Anak Menurut Prinsip Keluarga Sakinah, Mawaddah dan Rahmah. Studi kepustakaan yang dilakukan dengan cara mempelajari buku-buku dan kitab yang terkait dengan pola asuh anak. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis yaitu dengan memaparkan hasil wawancara dengan beberapa responden. Kesimpulan Hasil penelitian,menunjukkan Pola asuh anak di Desa Maguwoharjo menurut prinsip keluarga sakinah, mawaddah dan rahmah mampu merealisasikan keluarga dambaan banyak orang yang hendak atau telah menikah yaitu keluarga sakinah, mawaddah dan rahmah. Dengan beberapa faktor pendukung yaitu hubungan suami istri baik, anak-anak yang baik, terpenuhi kebutuhan ekonomi (papan, sandang, pangan), pendidikan, terpenuhi hak dan kewajiban, terpenuhi nilai-nilai keimanan, ketaqwaan, dan akhlakul karimah tertanam dalam kehidupan. Hasil analisis penulis terkait pola asuh anak di Desa Maguwoharjo menurut Perspektif Hukum Keluarga Islam menunjukkan bahwa pola asuh anak sesuai dengan aturan yang ada di Hukum Keluarga Islam. Semua terbentuk dari hasil kerjasama dan hubungan yang baik antara suami, istri dan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: HJ. FATMA AMILIA, S.Ag., MS.i.
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Anak, Keluarga Sakinah
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Jan 2020 13:33
Last Modified: 17 Jan 2020 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37469

Actions (login required)

View Item View Item