EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BIMBINGAN PERKAWINAN UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA HARMONIS (STUDI DI KUA KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2018)

FIKANI SITI MAHMUDAH, NIM. 12350078 (2019) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BIMBINGAN PERKAWINAN UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA HARMONIS (STUDI DI KUA KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2018). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BIMBINGAN PERKAWINAN UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA HARMONIS (STUDI DI KUA KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2018))
12350078_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PELAKSANAAN BIMBINGAN PERKAWINAN UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA HARMONIS (STUDI DI KUA KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2018))
12350078_BAB-II_sampai_SEBELEUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (246kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana efektivitas bimbingan perkawinan untuk mewujudkan keluarga harmonis di KUA Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo dengan menggunakan empat indikator yaitu aspek tugas dan fungsi, aspek rencana program, aspek ketentuan dan peraturan, dan aspek tujuan atau hasil yang dicapai. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan objek Bimbingan Perkawinan di KUA Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo, adapun sifat penelitian ini adalah deskriptif analitik yang berupaya yang berupaya memberikan gambaran yang mendetail tentang latar belakang, sifat, karakter yang khas dari kasus yang ada di lapangan, untuk mendapatkan data dalam penelitian ini melalui wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara teknis, pelaksanaan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin di KUA Kecamatan Lendah telah sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku yaitu Keputusan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 379 Tahun 2018 Tentang Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin. Tujuan atau hasil yang dicapai menunjukkan bahwa bimbingan perkawinan di KUA Kecamatan Lendah efektif untuk mewujudkan keluarga harmonis, hal ini dibuktikan dari Tahun 2018 hingga Tahun 2019 tidak ada kasus perceraian dari pengantin yang pernah mengikuti bimbingan perkawinan di KUA Kecamatan Lendah, hal ini menunjukkan bahwa tujuan bimbingan perkawinan untuk mewujudkan keluarga harmonis telah tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Hj. FATMA AMILIA, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Bimbingan Perkawinan, KUA Kecamatan Lendah, Keluarga Harmonis
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Jan 2020 13:39
Last Modified: 17 Jan 2020 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37471

Actions (login required)

View Item View Item