MANAJEMEN PENGAWASAN PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) OLEH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2018

Thoriq Almunawir Taufik, NIM 15240001 (2019) MANAJEMEN PENGAWASAN PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) OLEH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGAWASAN PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) OLEH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2018)
15240001_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGAWASAN PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) OLEH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2018)
15240001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Thoriq Almunawir Taufik, 1524000, Manajemen Pengawasan Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Tahun 2017/2018. Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Manajemen Pengawasan Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Yogyakarta. Apakah sudah sesuai dengan tujuan dan prosedur yang telah direncanakan sebelumnya sehingga dapat mempermudah calon jamaah haji dalam melaksanakan bimbingan ibadah haji dengan baik. Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia dalam hal kuantitas pelaksanaan haji, khususnya jamaah haji Kabupaten Bantul di setiap tahunya memiliki kuota jamaah haji kurang lebih 3.360 jamaah yang berangkat ke tanah suci. Kebanyakan jamaah haji beranggapan bahwa ibadah haji yang mereka tunaikan hanyalah ritual semata, hal ini dikarenakan para calon jamaah haji kurang memahami makna haji itu tersendiri, tidak pula mengetahui rangkain ibadah haji yang akan dilaksanakan di tanah suci. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui bagaimana proses pengawasan yang dilakukan oleh Kementerian Agama Kabupaten Bantul kepada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji sehingga berdampak pada pelayanan dan bimbingan yang baik dan benar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: Pengumpulan data, Reduksi data, display data, Verifikasi dan Kesimpulan. Teori yang saya gunakan adalah Teori dari Prof. Dr. Sondang P. Siagian tentang Manajemen Pengawasan. Hasil Penelitian ini ditemukan bahwa proses Manajemen pengawasan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji oleh Kementerian Agama Kabupaten Bantul sudah dilaksanakan dengan baik dan benar, hal ini dapat dilihat dengan adanya kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan pengawasan, Laporan dan Evaluasi setelah semua kegiatan dilaksanakan. Sehingga manajemen pengawasan terhadap Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) oleh Kementerian Agama Kabupaten Bantul sudah berjalan sesuai dengan prosedur dan arahan dengan harapan agar terciptanya jama’ah yang mandiri sesuai dengan apa yang diharapkan pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Keyword:Manajemen, Pengawasan, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Kabupaten Bantul

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Aris Risdiana, S.Sos.I,.MM
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pengawasan, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Kabupaten Bantul
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Mar 2020 09:22
Last Modified: 24 Mar 2020 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37517

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum