STRATEGI BERSAING MARKET LEADER DI PT. ASELI DAGADU DJOKDJA

IBNU HAJAR, NIM 15240032 (2019) STRATEGI BERSAING MARKET LEADER DI PT. ASELI DAGADU DJOKDJA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI BERSAING MARKET LEADER DI PT. ASELI DAGADU DJOKDJA)
15240032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI BERSAING MARKET LEADER DI PT. ASELI DAGADU DJOKDJA)
15240032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ibnu Hajar(15240032), Strategi Bersaing Market Leader Di PT. Aseli Dagadu Djokdja, Skripsi. Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Yogyakarta. PT. Aseli Dagadu Djokdja merupakan perusahaan yang sudah cukup terkenal di Indonesia khususnya ruang lingkup Yogyakarta. Nama “Dagadu Djogdja” yang digunakan sebagai merek dagang sekaligus nama produsenya. Untuk saat ini perusahaan tersebut merupakan ikon khas Yogyakarta yang menjadi pilihan masyarakat sebagai buah tangan dan cinderamata saat berkunjung ke Yogyakarta.Adapun beberapa pesaing bisnis yang berkecimbung dibidang cinderamata dan industri kreatif seperti Dagadu Djogdja yaitu, Mbejo (mblinger jogja), Djogker (djogja t-shirt maker), Malio Ave dan lain-lain.Melihat persaingan yang semakin ketat dan berkembang pesat, maka perlu dilakukan analisis faktor-faktor strategi bersaing yang ada di lingkup Perusahaan.Baik yang menjadi kekuatan maupun yang menjadi kelemahan, serta faktor-faktor yang ada diluar perusahaan yang dapat menjadi peluang dan ancaman bagi perkembangan Perusahaan.Dalam mewujudkan strategi bersaing, Perusahaan diharuskan untuk menganalisis suatu formulasi strategi bersaing secara kritis.Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti strategi bersaing yang diterapkan oleh PT. Aseli Dagadu Djokdja dengan menggunakan teori strategi bersaing market leaderkarena perusahaan ini menjadi pemimpin pasar dan sering ditiru dari para pesaing-pesaingnya pada bidang bisnis industri kreatif. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dengan menyampaikan dalam bentuk kalimat sederhana sehingga mempu dengan mudah untuk dipahami dan dapat diambil kesimpulan sebagai hasil penelitian. Untuk menguji keabsahan data yang diperoleh peneliti menggunakan teknik uji kredibilitas triangulasi sumber dan teknik. Setelah melakukan penelitian, dapat disimpulkanbahwa Strategi bersaing Market Leader yang diterapkan oleh PT Aseli Dagadu Djokdja telah dilakukan dengan baik dengan 3 poin yang harus diperhatikan yaitu, mengembangkan pasar keseluruhan, melindungi pangsa pasar, dan memperluas pangsa pasar. Namun, pada indikator mengembangkan pasar keseluruhan di poin Pertahanan serangan balik (counter offensive defense) masih belum maksimal karena, PT. Aseli Dagadu Djokdja belum memperhatikan respon terhadap serangan balik yang dilakukan oleh para pesaingnya. Kata Kunci : Strategi Bersaing, Market Leader, PT. Aseli Dagadu Djokdja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. MIKHRIANI, M.M.
Uncontrolled Keywords: Strategi Bersaing, Market Leader, PT. Aseli Dagadu Djokdja
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Mar 2020 12:58
Last Modified: 26 Mar 2020 12:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37523

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum