PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF SUMBER DAYA MANUSIA DI BALAI DIKLAT KEUANGAN YOGYAKARTA

BAGAS DWI PRAPTOWO, NIM : 15240074 (2019) PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF SUMBER DAYA MANUSIA DI BALAI DIKLAT KEUANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF SUMBER DAYA MANUSIA DI BALAI DIKLAT KEUANGAN YOGYAKARTA SKRIPSI)
15240074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF SUMBER DAYA MANUSIA DI BALAI DIKLAT KEUANGAN YOGYAKARTA SKRIPSI)
15240074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bagas Dwi Praptowo (15240074), “Pengaruh Knowledge Management Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Sumber Daya Manusia di Balai Diklat Keuangan Yogyakarta”. Knowledge Management adalah sebuah koordinasi yang disengaja dan sistematis dari sumber daya manusia, proses, dan teknologi untuk menambah nilai melalui penggunaan kembali ilmu pengetahuan dan inovasi. Koordinasi ini didasarkan atas siklus terintegrasi dari tiga tahapan yaitu Knowledge Capture (Penciptaan Pengetahuan), Knowledge Sharing and Dissemination (Berbagi dan Transfer Pengetahuan) dan Knowledge Acquisition and Application (Akuisisi dan Aplikasi Pengetahuan). Maka dari itu, pentingnya perilaku kerja inovatif sumber daya manusia di dalam organisasi pembelajar memberi indikasi bahwa untuk mencapai siklus terintegrasi tersebut sumber daya manusia menjadi motor penggerak utama sehingga dapat mewujudkan organisasi pembelajar dalam mencapai manajemen pengetahuan secara kontinyu. Sebagai unit diklat daerah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, dalam mewujudkan urgensi dan peran dari Kemenkeu Corporate University, Balai Diklat Keuangan Yogyakarta harus memiliki perilaku kerja yang inovatif pada sumber daya manusia nya agar dapat mewujudkan visi dan misi Corporate University melalui link and match antara pembelajaran, pengelolaan pengetahuan, dan penerapan nilai-nilai dengan target kinerja Kementerian Keuangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausalitas ex-post facto melalui pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Knowledge Management secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Kerja Inovatif Sumber Daya Manusia. Sedangkan secara parsial, Knowledge Sharing and Dissemination dan Knowledge Acquisition and Application berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Kerja Inovatif Sumber Daya Manusia. Namun terdapat satu faktor yang tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Kerja Inovatif Sumber Daya Manusia yaitu Knowledge Capture. Kata Kunci : Knowledge Capture, Knowledge Sharing and Dissemination, Knowledge Acquisition and Application, Perilaku Kerja Inovatif SDM

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. MIKHRIANI, M.M.
Uncontrolled Keywords: Knowledge Capture, Knowledge Sharing and Dissemination, Knowledge Acquisition and Application, Perilaku Kerja Inovatif SDM
Subjects: Manajemen Dakwah
Pekerjaan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Mar 2020 08:59
Last Modified: 27 Mar 2020 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37526

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum