PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENGABULKAN IZIN POLIGAMI (STUDI PUTUSAN DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA TAHUN 2017-2018)

WULAN RIZQI FAJRIANA, NIM. 15350024 (2019) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENGABULKAN IZIN POLIGAMI (STUDI PUTUSAN DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA TAHUN 2017-2018). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENGABULKAN IZIN POLIGAMI (STUDI PUTUSAN DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA TAHUN 2017-2018))
15350024_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENGABULKAN IZIN POLIGAMI (STUDI PUTUSAN DI PENGADILAN AGAMA YOGYAKARTA TAHUN 2017-2018))
15350024_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Dalam sebuah pernikahan idealnya cinta seorang suami hanya untuk seorang isteri begitu juga sebaliknya. Namun dalam keadaan tertentu isteri dituntut untuk ikhlas berbagi suami dengan wanita lain. Situasi tersebut dikenal dengan istilah poligami, dimana suami menikahi wanita lebih dari seorang dalam waktu bersamaan. Penyusun melakukan penelitian di Pengadilan Agama Yogyakarta dan menemukan bahwa terjadi peningkatan perkara permohonan izin poligami dari tahun 2017-2018 sebanyak 3 perkara. Pada dasarnya Indonesia menganut asas monogami dalam perkawinan, namun dalam situasi tertentu poligami dapat dilakukan dengan syarat yang ketat. Kenyataan yang ada di lapangan periwtiwa konkret poligami terkadang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Alasan poligami tidak terpenuhi dalam permohonan poligami yang diajukan, namun permohonan tersebut dikabulkan Majelis Hakim. Penyusun menganalisis perkara poligami dimana alasan poligami sebagaimana ditetapkan peraturan perundang-undangan tidak terpenuhi namun permohonan tersebut dikabulkan Majelis Hakim Pengadilan Agama Yogyakarta. Penyusun menggunakan metode penelitian deskriptifanalitik yaitu mencari informasi untuk kemudian dianalisis mengenai subjek yang diteliti dengan landasan teori penemuan hukum. Teori Penemuan Hukum ini menjadi tugas Hakim apabila menemui peristiwa konkret yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Informasi mengenai metode penemuan hukum Penyusun peroleh melalui wawancara dengan Hakim Pengadilan Agama Yogyakarta disamping salinan putusan sebagai sumber utama penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: YASIN BAIDI, S. Ag., M. Ag
Uncontrolled Keywords: poligami, dasar hukum, pertimbangan, teori penemuan hukum.
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Poligami
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Jan 2020 13:58
Last Modified: 21 Jan 2020 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37537

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum