IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) MATERI SISTEM GERAK PADA SISWA KELAS XI MIPA MAN 4 BANTUL

Akbar Yuli Saputra, NIM 12680005 (2019) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) MATERI SISTEM GERAK PADA SISWA KELAS XI MIPA MAN 4 BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) MATERI SISTEM GERAK PADA SISWA KELAS XI MIPA MAN 4 BANTUL)
12680005_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) MATERI SISTEM GERAK PADA SISWA KELAS XI MIPA MAN 4 BANTUL)
12680005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) persentase siswa yang tahu konsep, tidak tahu konsep dan mengalami miskonsepsi pada materi sistem gerak pada manusia dan (2) konsep dimana siswa paling banyak mengalami kesalahan dalam menjawab butir soal materi sistem gerak manusia pada siswa kelas XI MIPA MAN 4 Bantul. Subyek penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA 1 dan MIPA 3 di MAN 4 Bantul yang terdiri dari 63 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes obyektif soal multiple choice yang dilengkapi dengan lembar respon CRI dimana dalam menjawab soal, siswa diminta untuk membubuhkan nilai CRI (0-5) yang besarnya disesuaikan dengan tingkat keyakinan siswa dalam menjawab soal. Data dianalisis dengan membandingkan benar tidaknya jawaban yang dipilih dengan nilai CRI yang diisi oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi masih ditemukan pada beberapa konsep materi sistem gerak manusia dengan persentase miskonsepsi pada siswa kelas XI MIPA MAN 4 Bantul sebesar 39,37%, tahu konsep sebesar 26,03%, dan siswa yang termasuk dalam kategori tidak tahu konsep sebesar 35,00% dengan subkonsep paling banyak mengalami kesalahan dalam menjawab soal adalah subkonsep sistem rangka, jaringan otot dan persendian. Kata kunci : miskonsepsi, certainty of response index, sistem gerak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Widodo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: miskonsepsi, certainty of response index, sistem gerak.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Apr 2020 09:18
Last Modified: 17 Apr 2020 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37590

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum