E-MARKETING JASA PENDIDIKAN: STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Latifatul Umamah, NIM. 12490091 (2019) E-MARKETING JASA PENDIDIKAN: STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (E-MARKETING JASA PENDIDIKAN: STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
12490091-BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (E-MARKETING JASA PENDIDIKAN: STRATEGI PENINGKATAN DAYA SAING SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA)
12490091-BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (19MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari kegelisahan peneliti terhadap maraknya pertumbuhan sekolah yang menyebabkan semakin ketatnya persaingan. Bagi sekolah yang tidak memiliki daya saing, tentu akan ditinggalkan masyarakat dan pada akhirnya terpaksa tutup atau siswanya digabung dengan sekolah lainnya. Terlebih di era globalisasi, yang ternyata juga berpengaruh terhadap pertumbuhan sekolah, menuntut sekolah untuk mengembangkan strategi komunikasi pemasaran terintegrasi yang salah satunya menggunakan media internet untuk mengenalkan jasa pendidikan kepada masyarakat. Peneliti tertarik meneliti SMP Muhammadiyah 3 Depok karena sekolah swasta di bawah naungan Muhammadiyah ini bisa bertahan di tengah persaingan sekolah-sekolah negeri, terutama di daerah. Selain itu, karena SMP Muhammadiyah 3 Depok menggunakan media sosial dan online untuk memasarkan jasa pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses e-marketing jasa pendidikan sebagai strategi peningkatan daya saing SMP Muhammadiyah 3 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara tak berstruktur, dan observasi non partisipan. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-marketing jasa pendidikan sebagai strategi peningkatan daya saing SMP Muhammadiyah 3 Depok melalui 5 cara sebagai berikut: (1) Menggunakan media internet yang meliputi Facebook, Instagram, Website, Twitter, dan Youtube, (2) Menggunakan media cetak dan brosur untuk mempromosikan sekolah (3) Menggunakan acara dan pengalaman yang meliputi tryout, perlombaan, dan AMT, (4) Pemasaran dari mulut ke mulut, dan (5) Penjualan personal. Adapun faktor pendukung e-marketing jasa pendidikan sebagai peningkatan daya saing SMP Muhammadiyah 3 Depok adalah pemasar yang kompeten dan kepala sekolah antusias. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak adanya tim pemasar khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Imam Machali
Uncontrolled Keywords: E-Marketing Jasa Pendidikan, Daya Saing Sekolah
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Jan 2020 14:11
Last Modified: 22 Jan 2020 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37597

Actions (login required)

View Item View Item