PENGEMBANGAN MODUL KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA PADA MATERI PLANTAE MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X IPS

Reni Rahayu, NIM 15680014 (2019) PENGEMBANGAN MODUL KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA PADA MATERI PLANTAE MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X IPS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA PADA MATERI PLANTAE MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X IPS)
15680014_BAB_I_BAB_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA PADA MATERI PLANTAE MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X IPS)
15680014_BAB_II_BAB_III_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui keanekaragaman tumbuhan yang terdapat di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, mengetahui kualitas modul yang telah disusun ditinjau dari aspek materi,aspek penyajian, dan aspek bahasa berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli bahasa, peer reviewer, dan guru biologi, dan mengetahui respon siswa terhadap modul keanekaragaman tumbuhan pada materi plantae di SMA M 3 Yogyakarta sebagai bahan ajar. Penelitian ini terdiri dari tahap penelitian keanekaragaman tumbuhan di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan tahap pengembangan modul. Penelitian keanekaragaman tumbuhan diperoleh 42 spesies dari 3 devisi yang terdiri dari 1 spesies Bryophyta, 3 spesies Pteridophyta, dan 38 spesies Spermatophyta. Pengembangan modul menggunakan software Ms Word, Corel Draw X7, Adobe Photoshop, dan Adobe Indesign CS6. Hasil akhir produk berupa file berbentuk pdf yang kemudian dicetak menjadi modul. Modul ini dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, 2 guru biologi, dan 15 siswa SMA M 3 Yogyakarta. Berdasarkan penilaian dari ahli materi memperoleh hasil sangat baik dengan persentase 88,0%, ahli media sangat baik dengan persentase 81,33%, peer reviewer sangat baik dengan persentase 90,0%, guru biologi sangat baik dengan persentase 90,0%, dan siswa sangat baik dengan persentase 86,08%. Kata kunci: Modul, Keanekaragaman Tumbuhan, SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Widodo, S.Pd., M.Pd., selaku
Uncontrolled Keywords: Modul, Keanekaragaman Tumbuhan, SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta
Subjects: Biologi
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Apr 2020 14:40
Last Modified: 20 Apr 2020 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37608

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum