PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS ANDROID PANDUAN LAPANGAN DAN KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU DI KAWASAN CANDI ABANG BERBAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI

Raafi Nur Ali, NIM 15680032 (2019) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS ANDROID PANDUAN LAPANGAN DAN KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU DI KAWASAN CANDI ABANG BERBAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS ANDROID PANDUAN LAPANGAN DAN KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU DI KAWASAN CANDI ABANG BERBAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI)
15680032_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS ANDROID PANDUAN LAPANGAN DAN KEANEKARAGAMAN KUPU-KUPU DI KAWASAN CANDI ABANG BERBAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI)
15680032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman kupu-kupu Candi Abang dan mengembangkan produk e-book panduan lapangan, serta mengetahui kualitas e-book kupu-kupu yang dikembangkan. Penelitian dilakukan dalam 2 tahap, yaitu penelitian keanekaragaman kupu-kupu di Candi Abang dan penelitian pengembangan Research and Development. Dalam penelitian keanekaragaman kupu-kupu di Candi Abang didapatkan 85 jenis kupu-kupu dari 5 famili yaitu Papilionidae, Nymphalidae, Pieridae, Lycaenidae dan Hesperiidae. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDE dengan implementasi uji terbatas. Produk yang telah dikembangkan dinilai oleh ahli materi, media, guru biologi, peer reviewer dan 15 siswa kelas X MAN 2 Yogyakarta. Tingkat keanekaragaman kupu-kupu di Candi Abang sebesar H’= 3, 20 termasuk kategori tinggi. Adapun produk yang dihasilkan adalah e-book Panduan Lapangan Kupu-kupu Candi Abang. Hasil produk menurut ahli materi 90,59% (Sangat Baik), ahli media 90,67% (Sangat Baik), peer reviewer 88,80% (Sangat Baik), guru Biologi 92% (Sangat Baik), dan respon siswa 90,66% (Sangat Setuju). Berdasarkan penilaian tersebut, e-book ini layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa SMA/MA. Kata kunci: Candi Abang, Keanekaragaman Kupu-kupu, E-book, Panduan Lapangan, Sumber Belajar Mandiri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Sulistyowati, S.Si., M.A.
Uncontrolled Keywords: Candi Abang, Keanekaragaman Kupu-kupu, E-book, Panduan Lapangan, Sumber Belajar Mandiri
Subjects: Biologi
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Jan 2020 14:55
Last Modified: 23 Jan 2020 14:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37612

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum