PERMAINAN MONOPOLI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BERBUNGA DI SEKITAR MUSEUM DIRGANTARA MANDALA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

Ririn Khoirul Umah, NIM. 15680047 (2019) PERMAINAN MONOPOLI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BERBUNGA DI SEKITAR MUSEUM DIRGANTARA MANDALA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERMAINAN MONOPOLI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BERBUNGA DI SEKITAR MUSEUM DIRGANTARA MANDALA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI)
15680047_BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERMAINAN MONOPOLI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BERBUNGA DI SEKITAR MUSEUM DIRGANTARA MANDALA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI)
15680047__BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman tumbuhan berbunga di sekitar Museum Dirgantara Mandala, mengembangkan permainan monopoli keanekaragaman tumbuhan berbunga dan mengetahui kualitas produk yang telah dikembangkan. Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu penelitian keanekaragaman tumbuhan berbunga dan penelitian pengembangan permainan monopoli. Penilaian dilakukan oleh satu orang ahli materi, satu orang ahli media, lima peer reviewer, dua guru Biologi sebagai reviewer dan 23 siswa kelas X. Hasil penelitian didapatkan 42 jenis tumbuhan berbunga yang terdiri dari 26 famili anggota Magnoliophyta. Adapun hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa kualitas permainan monopoli keanekaragaman tumbuhan berbunga yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik (SB) menurut ahli materi dengan persentase keidealan 85%, ahli media 83,2%, peer reviewer 86%, dan guru Biologi 86% . Adapun respon siswa mendapat kategori sangat setuju (SS) dengan persentase keidealan 81,86%. Kata kunci : permainan monopoli, tumbuhan berbunga, sumber belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Widodo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: permainan monopoli, tumbuhan berbunga, sumber belajar
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Apr 2020 10:18
Last Modified: 24 Apr 2020 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37622

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum