PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS ANDROID: PENGOLAHAN LIMBAH BATIK MELALUI METODE SARINGAN PASIR LAMBAT (SPL) DAN FITOREMEDIASI

Cahya Arsyi Widiyatami, NIM. 15680049 (2019) PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS ANDROID: PENGOLAHAN LIMBAH BATIK MELALUI METODE SARINGAN PASIR LAMBAT (SPL) DAN FITOREMEDIASI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS ANDROID: PENGOLAHAN LIMBAH BATIK MELALUI METODE SARINGAN PASIR LAMBAT (SPL) DAN FITOREMEDIASI)
15680049_BAB-I_BAB-V-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS ANDROID: PENGOLAHAN LIMBAH BATIK MELALUI METODE SARINGAN PASIR LAMBAT (SPL) DAN FITOREMEDIASI)
15680049_BAB-II_sampai-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Batik merupakan industri warisan budaya yang perlu untuk dilestarikan, akan tetapi limbah yanag dihasilkan dari industri batik sangat berbahaya bagi lingkungan. Sebelum dibuang ke lingkungan limbah batik perlu melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Salah satunya yaitu melalui metode Saringan Pasir Lambat (SPL) dan Fitoremediasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas SPL dan fitoremediasi Ipomoea aquatica serta Pistia stratiotes dalam pengolahan limbah batik, mengembangkan produk panduan praktikum berbasis android, dan mengetahui kualitas produk berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru biologi, peer reviewer, dan respon peserta didik. Parameter pencemaran yang diukur yaitu suhu, TDS, pH, dan BOD. Setelah dilakukan treatment selama masa retensi 10 hari, seluruh parameter mengalami penurunan kadar. Pengembangan produk berdasarkan penelitian SPL dan fitoremediasi menggunakan model pengembangan ADDIE. Berdasarkan penilaian penilaian ahli materi, ahli media, guru biologi, peer reviewer, dan respon peserta didik, produk yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Saringan Pasir Lambat, Fitoremediasi, Panduan Praktikum Berbasis Adroid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Widodo, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Saringan Pasir Lambat, Fitoremediasi, Panduan Praktikum Berbasis Android
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Apr 2020 08:54
Last Modified: 27 Apr 2020 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37623

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum