MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR KITAB KUNING (STUDI KASUS DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)

Muhammad Mubtaghil Fadlla, NIM. 14490018 (2019) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR KITAB KUNING (STUDI KASUS DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR KITAB KUNING (STUDI KASUS DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA))
14490018_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR KITAB KUNING (STUDI KASUS DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA))
14490018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan MDNU dalam meregenerasi ustad yang baru lulus, sehingga dengan adanya manajemen sumber daya manusia diharapkan bisa memperbaiki regenerasi ustad. Ustad yang baru lulus agar beradaptasi sebaik mungkin, agar terciptanya tujuan organisasi yang sudah dirancang sebelumnya. Untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul sudah sewajarnya dari pihak MDNU memfasilitasi berbagai kekurangan yang ada pada ustad yang baru lulus. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta di mulai dari manajemen sumber daya manusia, serta faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen sumber daya manusia. Hal ini di karenakan Madrasah Diniyah Nurul Ummah sebagai lembaga pendidikan non formal yang memperbaiki kesulitan yang terjadi pada sumber daya manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian dalam pemeriksaan keabsahan data menggunakan cara triangulasi sumber data dan teknik serta dianalisis menggunakan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Konsep Manajemen Sumber Daya manusia dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Diniyah Nurul Ummah adalah: (a) sistem pengadaan melalui personalia melalui seleksi internal, (b) pelatihan pendalaman materi dilakukan seminggu sekali dan untuk pengembangan bisa dari undangan instansi maupun dari pihak Madrasah Diniyah Nurul Ummah, (c) para ustadz lapnang dada dalam menerima bisyaroh, tidak menjadi masalah bearti, (d) Integrasi dilakukan dari pihak Madrasah Diniyah Nurul Ummah demi mencocokkan setiap ustadz dengan ilmu pengetahuan yang disukai, (e) Pemeliharaan berupa piket menjaga kebersihan lingkungan setiap hari. (2) Faktor Pendukung: adanya komitmen yang tinggi dari setiap individu, kerjasama yang baik antar ustadz, suasana kantor yang harmonis, sarana prasarana yang memadai, setiap selesai imtihan ada refreshing antar ustadz, hubungan yang baik antar masyarakat disekitar, perpustakaan Az-Ziyadah. Selanjutnya Faktor penghambat: beban kerja, administrasi yang memprihatinkan, belum beradaptasi mengajar, kurangnya ustadz pengampu sorogan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Edy Yusuf Nur SS MM M.Si,
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Sumber Daya Manusia, Madrasah Diniyah.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Madrasah Diniyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Jan 2020 09:52
Last Modified: 23 Jan 2020 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37628

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum