TUAN GURU DI ERA MEDIA SOSIAL (Studi Fenomenologis Terhadap Pemanfaatan Komunikasi Dakwah Tuan Guru di Lombok Timur)

AHSANUL RIJAL, NIM. 17202010002 (2019) TUAN GURU DI ERA MEDIA SOSIAL (Studi Fenomenologis Terhadap Pemanfaatan Komunikasi Dakwah Tuan Guru di Lombok Timur). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TUAN GURU DI ERA MEDIA SOSIAL (Studi Fenomenologis Terhadap Pemanfaatan Komunikasi Dakwah Tuan Guru di Lombok Timur))
17202010002_BAB I_BAB V.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TUAN GURU DI ERA MEDIA SOSIAL (Studi Fenomenologis Terhadap Pemanfaatan Komunikasi Dakwah Tuan Guru di Lombok Timur))
17202010002_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang membahas tentang Tuan Guru di era media sosial dalam pendekatan fenomenologis terhadap pemanfaatan medium komunikasi dakwah dalam fokus objek TuanGuru di Lombok Timur. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini yaitu Era digitalisasi merupakan masa ketika manusia mengalami perubahan pesat dalam melakukan segala aktivitas mulai dari persoalan ekonomi, politik dan agama. Distrupsi teknologi bukan hanya menggerus sektor ekonomi dalam bentuk star-up saja. Oleh sebab itu, Tuan Guru sebagai subjek komunikasi dakwah bagaimana menyikapi perkembangan teknologi informasi dalam pemanfaatan komunikasi dakwah secara situasional, efektif, relevan dan efesien. Dengan demikian dalam penelitian ini mencari jawaban dari rumusan masalah, yakni. Pertama, bagaimana respon Tuan Guru dalam pemanfaatan media sosial sebagai medium komunikasi dakwah baru. Kedua, bagaimana komunikasi dakwah Tuan Guru di media sosial. Ketiga, bagaimana perkembangan dan hambatan dalam pemanfaatan media sosial terhadap komunikasi dakwah. Metode penelitian dalam meniliti Tuan Guru di era media sosial dalam pendekatan fenomenologis terhadap pemanfaatan media sosial sebagai medium komunikasi dakwah baru. Dalam hal ini, menggunakan metode penelitian dengan jenis penelitian kualitatif studi fenomnologi dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi dalam mengumpulkan data-data untuk menjawab rumusan masalah. Sedangkan analisis data menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis dalam mereduksi data sehingga data menjadi sistematis dan logis. Adapun hasil dari penelitian ini adalah meliputi sebagai berikut: Pertama, terdapat respons Tuan Guru yang tidak sebagai pengguna aktif media dalam pemanfaatan komunikasi dakwah. Adapun respons Tuan Guru tidak memanfaatkan media sosial dalam berdakwah karena faktor ideologi, literasi media dan budaya hidup. Kedua, Tuan Guru sebagai subjek komunikasi dakwah yang proaktif dalam pengembangannya. Yakni, TGH. Muzayyin dan TGB. Zainul Majdi secara intesnsif berkomunikasi dakwah di media sosial. Adapun media sosial yang digunakan adalah facebook, instagram dan youtube. Sedangkan metode yang digunakan meliputi desain live streaming, video editorial dan tulisan quote-quote Islami. Kemudian materi-materi komunikasi dakwah meliputi kajian tauhid, fiqih dan akhlak yang dikontekstualisasikan dengan konsep prulisme agama dan kewajiban bernegara. Hambatan-hambatan Tuan Guru dalam aktivitas komunikasi dakwah di media sosial meliputi, kurangnya literasi media, penguasaan bahasa dan budaya etika media sosial. Kata kunci: Tuan Guru, Komunikasi Dakwah, Media Sosial

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay M.Si, M.A
Uncontrolled Keywords: Tuan Guru, Komunikasi Dakwah, Media Sosial
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 May 2020 13:28
Last Modified: 06 May 2020 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37638

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum