PROBLEMATIKA PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI MASYARAKAT MISKIN DI NTB (STUDI DI KECAMATAN LEMBAR KABUPATEN LOMBOK BARAT)

ENI RISNAWATI, NIM. 17208010025 (2019) PROBLEMATIKA PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI MASYARAKAT MISKIN DI NTB (STUDI DI KECAMATAN LEMBAR KABUPATEN LOMBOK BARAT). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI MASYARAKAT MISKIN DI NTB (STUDI DI KECAMATAN LEMBAR KABUPATEN LOMBOK BARAT))
17208010025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI MASYARAKAT MISKIN DI NTB (STUDI DI KECAMATAN LEMBAR KABUPATEN LOMBOK BARAT))
17208010025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) menurut sebagian kalangan dianggap berkontribusi dalam meminimalisisr kemiskinan. Namun dalam praktiknya, program ini dihadapkan pada berbagai problematika baik bersifat substansial maupun prosedural.Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika pelaksanaan PKH di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat Provinsi NTB. Secara metodologis, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Keluarga Harapan secara ekonomi belum mampu memecahkan masalah kemiskinan di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat. Pemenuhan terhadap kebutuhan sehari-hari Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) masih tergolong sangat minim jika dilihat dari besarnya jumlah bantuan yang diterima sehingga belum mampu memenuhi kebutuhan harian anak sekolah. Rata-rata masyarakat sebagai penerima manfaat atau KPM-PKH menggunakan bantuan tersebut untuk membeli kebutuhan sembako lainnya. Selain itu, terdapat problem yang membayangi pelaksanaan Program Keluarga Harapan. Problem tersebut adalah adanya kesenjangan yang terjadi antara pendamping dengan dinas sosial, pemerintahan kecamatan setempat, akurasi data dari Badan Pusat Statistik. Selain itu problematika yang terjadi pada PKH juga berdasarkan sosial budaya masyarakat yang masih “setia” menjadi KPM-PKH, letak demografi yang kurang terakses, dan Kredit Usaha Bersama (KUBE) di persimpangan jalan yang sebenarnya diharapkan dapat menciptakan kemandirian KPM-PKH. Kata kunci: Pembangunan Ekonomi, Problematika Program Keluarga Harapan, Masyarakat Miskin.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Haris, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembangunan Ekonomi, Problematika Program Keluarga Harapan, Masyarakat Miskin
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 May 2020 10:46
Last Modified: 14 May 2020 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37645

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum