MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN DAR EL HIKMAH PEKANBARU RIAU

UMMUL LAILATI, NIM. 14490064 (2019) MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN DAR EL HIKMAH PEKANBARU RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN DAR EL HIKMAH PEKANBARU RIAU)
14490064_ BAB 1, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN DAR EL HIKMAH PEKANBARU RIAU)
14490064_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (10MB)

Abstract

Di era globalisasi saat ini dengan kemajuan yang begitu pesat, ditemukan beragam tantangan dan masalah, antara lain dengan adanya perubahan nilai-nilai sosial dan budaya sehingga dengan adanya akses informasi dan pengaruh globalisasi yang menyebabkan generasi muda mengalami internasionalisasi nilainilai sosial dan budaya. Tantangan serta masalah yang lain juga timbul seperti nilai-nilai disiplin yang ada juga semakin berkurang. Aturan-aturan yang ada hanyalah sebatas simbol aturan yang tertulis untuk mengatur kehidupan disekitar lingkungan tersebut. Nilai-nilai kedisiplinan itu muncul bukan lagi kesadaran yang tumbuh dari diri sendiri melainkan karena takut akan hukuman apabila melanggar aturan tersebut. Dari sinilah muncul ide untuk meneliti terkait manajemen kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter disiplin, bukan hanya dikarenakan banyaknya nilai-nilai positif yang terkandung di dalam pramuka akan tetapi pramuka juga sudah menjadi ekstrakurikuler wajib di sekolah-sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian menganalisis dan mengolah data yang telah didapat dilapangan mulai dari transkip sampai dengan interpretasi data. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru Riau. Berdasarkan kepada hasil penelitian maka dalam upaya pembentukan karakter santri putri melalui ekstrakurikuler pramuka di awali dengan proses perencanaan materi-materi yang akan diberikan kepada peserta didik, selanjutnya yaitu pelaksanaan kegiatan pada waktu yang telah di jadwalkan, dn yang teakhir yaitu melalui evaluasi dari seluruh program ataupun kegiatan yang telah berlangsung. Akhirnya dengan melalui proses-proses tersebut terbentuklah karakter disiplin diantaranya disiplin waktu, disiplin dalam berpakaian, dan disiplin dalam mentaati peraturan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Jamroh Latief, M.Si
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Karakter, dan Disiplin
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Jan 2020 13:10
Last Modified: 23 Jan 2020 13:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37657

Actions (login required)

View Item View Item