MANAJEMEN MODEL PEMBELAJARAN PPROGRAM TAHFIDZUL QUR'AN DI PESANTREN TARUNA AL QUR'AN PUTRA YOGYAKARTA

TSANI NUR IKHSAN, NIM. 14490087 (2019) MANAJEMEN MODEL PEMBELAJARAN PPROGRAM TAHFIDZUL QUR'AN DI PESANTREN TARUNA AL QUR'AN PUTRA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN MODEL PEMBELAJARAN PPROGRAM TAHFIDZUL QUR'AN DI PESANTREN TARUNA AL QUR'AN PUTRA YOGYAKARTA)
14490087_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN MODEL PEMBELAJARAN PPROGRAM TAHFIDZUL QUR'AN DI PESANTREN TARUNA AL QUR'AN PUTRA YOGYAKARTA)
14490087_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula ketertarikan peneliti terhadap manajemen pembelajaran di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen pembelajaran Tahfidzul qur'an di Pondok Pesantren Taruna Al Qur'an Putra Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian menganalisis dan mengolah data yang telah didapat dilapangan mulai dari transkip sampai dengan interpretasi data. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Taruna Al-Qur'an Putra Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Model pembelajaran tahfidzul Qur'an di Pondok Pesanren Taruna putra Yogyakarta yaitu dengan model Muqoror atau target, dan model pembelajaran muqoror tersebut tentunya tidak terlepas dari unsur manajemen, antara lain: (a) perencanaan pembelajaran meliputi target tahfidzul Qur'an yang akan diterapkan, (b) pengorganisasian pembelajaran meliputi pendekatan pembelajaran dan metode yang diterapkan, (c) penggerakan pembelajaran meliputi waktu dan kelompok tahfidzul Qur'an (d) evaluasi pembelajaran. (2) Hasil pembelajaran tahfidzul Qur'an di Pondok Pesantren Taruna putra adalah: (a) prestasi hafalan santri, (b) prestasi di luar pesantren. (3) Faktor pendukung pembelajaran tahfidzul Qur'an adalah: (a) lingkungan pesantren, (b) ustadz yang berkompeten dalam bidang tahfidzul Qur'an (c) target yang jelas dan terperinci, (d) motivasi dan bimbingan ustadz, (e) berkelompok dengan teman sebaya/seumuran, (f) bonus liburan pulang jika lulus ujian perdua bulanan. (4) Faktor penghambat pembelajaran tahfidzul Qur'an adalah: (a) kurangnya SDM pondok pesantren, (b) masih kurangnya kedisiplinan dalam mengatur waktu, (c) kurangnya menjaga kesehatan, (d) permasalahan santri di pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, S.Pd.I.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Manajemen model pembelajaran, Tahfidzul Qur'an, Pesantren
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Jan 2020 13:32
Last Modified: 23 Jan 2020 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37660

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum