PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI MELALUI TINDAKAN TRAINING MOTIVASI DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DIY (PARTICIPATORY ACTION RESEARCH)

Erni Ritonga, NIM. 15490007 (2019) PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI MELALUI TINDAKAN TRAINING MOTIVASI DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DIY (PARTICIPATORY ACTION RESEARCH). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI MELALUI TINDAKAN TRAINING MOTIVASI DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DIY (PARTICIPATORY ACTION RESEARCH))
15490007 BAB I_ V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI MELALUI TINDAKAN TRAINING MOTIVASI DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DIY (PARTICIPATORY ACTION RESEARCH))
15490007 BAB II_ III_ IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Participatory Action Research (PAR) yang dilatarbelakangi oleh adanya masalah berupa rendahnya pengetahuan pegawai tentang kinerja pegawai. Didasarkan pada teori Herzburg bahwa terdapat dua faktor seseorang dalam melaksankan pekerjaan. Pertama, adalah faktor higienis. Faktor ini berhubungan dengan hakikat manusia dalam melaksanakan pekerjaan, di antaranya gaji, kondisi kerja dan hubungan antar pribadi. Kedua, faktor motivasi. Faktor motivasi ini menyangkut kebutuhan psikologi seseorang. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga DIY dengan sampel 103 pegawai (jumlah seluruh pegawai). Variabel dalam penelitian ini menggunakan satu variabel yaitu kinerja pegawai. Instrument pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, kuesioner, indepth interviews dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data ialah menggunakan analisis deskriptif, analisis tabel silang (crosstabs) dan uji t-Paired dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Social Sciences) Versi 22. Kinerja pegawai sebelum adanya tindakan training motivasi (pretest), mayoritas ada pada kategori kinerja pegawai sedang yaitu sebanyak 69 pegawai (67%). Selanjutnya, pegawai dengan kategori kinerja pegawai rendah sebanyak 18 pegawai (17.5%) dan pegawai dengan kategori kinerja pegawai tinggi sebanyak 16 pegawai (15.5%). Sedangkan kinerja pegawai setelah adanya tindakan training motivasi (posttest) menunjukkan bahwa mayoritas pegawai berada pada kategori kinerja pegawai sedang yaitu sebanyak 66 pegawai (64.1%). Selanjutnya, kinerja pegawai dengan kategori kinerja pegawai tinggi sebanyak 17 pegawai (16.5%) dan pegawai dengan kategori kinerja rendah sebanyak 20 pegawai (19.4%). Hasil Paired Samples Corelations, menunjukkan tindakan training motivasi mempunyai korelasi positif yang signifikan karena nilai sig. 0.40 α 0,05. sementara itu, nilai korelasi sebesar 0,691 yang artinya terdapat hubungan yang sangat kuat karena berada pada interval 0.60-0.799. Terdapat peningkatan signifikan pada kinerja pegawai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY sebelum dan setelah adanya tindakan training motivasi dibuktikan dengan angka signifikansi sebesar 0.40 yang artinya lebih besar dari α 0.05. Pada angka kepercayaan 95%. Penerapan tindakan training motivasi dapat meningkatkan kinerja pegawai sebesar 2.3 poin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rinduan Zain, S.Ag., MA.
Uncontrolled Keywords: kinerja pegawai, training motivasi.
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Jan 2020 13:47
Last Modified: 23 Jan 2020 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37665

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum