AKSES KELUARGA MISKIN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT (STUDI DI RUMAH SAKIT UMUM PATMASURI YOGYAKARTA)

ULFAH APRILIA SUSANTI - NIM. 05230018, (2010) AKSES KELUARGA MISKIN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT (STUDI DI RUMAH SAKIT UMUM PATMASURI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (AKSES KELUARGA MISKIN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT (STUDI DI RUMAH SAKIT UMUM PATMASURI YOGYAKARTA))
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (AKSES KELUARGA MISKIN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT (STUDI DI RUMAH SAKIT UMUM PATMASURI YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (81kB)

Abstract

Krisis moneter yang terjadi selama ini telah melumpuhkan kemampuan masyarakat, sehingga meningkatkan jumlah keluarga miskin (gakin)/keluarga pra-sejahtera. Sangat Rendahnya kemampuan masyarakat tidak mampu/keluarga miskin (gakin) untuk menjangkau sarana pelayanan kesehatan rujukan akan berdampak meningkatnya angka pesakitan dan kematian terutama pada kelompok risiko tinggi seperti ibu hamil dan bayi. Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan upaya penanggulangan yang melibatkan berbagai sektor, baik lintas program maupun lintas sektoral, termasuk Rumah Sakit. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah pendekatan fenomenologi. Hal yang ditekankan dalam fenomenologi adalah aspek subyek dari perilaku seseorang. Peneliti berusaha untuk masuk ke dalam dunia konseptual para subyek yang diteliti sedemikian rupa sehingga mereka mengerti apa dan bagaimana suatu pengertian yang dikembangkan oleh mereka sendiri di sekitar peristiwa dalam kehidupan sehari-hari. Informasi dan data dalam penelitian ini digali dari informan yang ditentukan secara purposive sampling, artinya sumber-sumber data (informan) ditentukan secara langsung. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan sejak awal sampai proses penelitian berlangsung. Dalam penelitian ini digunakan analisis data dengan menggunakan model interaktif, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Penelitin ini dapat disimpulkan bahwa kualitas sumber daya manusia (SDM), prosedur kerja, dan pelayanan kesehatan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien keluarga miskin (gakin) di Rumah Sakit. Secara umum kualitas sumber daya manusia, prosedur kerja dan pelayanan kesehatan yang diberikan sudah sangat baik Hal ini terlihat pada pernyataan-pernyataan mayoritas responden yang sudah dapat merasakan kepuasan dalam pelayanan kesehatan yang diberikan oleh para petugas di Rumah Sakit Umum Patmasuri, seiring kualitas SDM dengan skill yang terampil dan baik, prosedur kerja yang mudah, lancar, dan tidak berbelit-belit, serta kebijakan pelayanan kesehatan yang adil, jelas, dan pasti. Ada beberapa penghambat utama baik teknis administratif maupun pelayanan yang seringkali terjadi dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan bagi keluarga miskin di Rumah Sakit Umum Patmasuri. Masalah-masalah tersebut dapat mengakibatkan ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh petugas kesehatan atau sebaliknya mempersulit petugas kesehatan untuk mempercepat pengurusan administrasi pelayanan terhadap pasien, misalnya pasien seringkali lupa atau tidak membawa surat rujukan/kartu sehat dari puskesmas tempat ia berobat atau menjalani perawatan. Kadang-kadang juga sering terjadi surat rujukan/kartu sehat yang digunakan tidak sah (habis masa berlakunya) sehingga pasien tetap membayar biaya perawatannya walaupun hanya setengahnya saja, obat-obatan yang dinilai bagus dan mahal yang berkenaan dengan penyakit pasien harus dibeli sendiri oleh pasien tersebut, bahkan hal-hal kecil pun seperti washlap pun harus dibawa/dibeli oleh pasien sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Aziz Muslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Akses Keluarga Miskin, Pelayanan Kesehatan, Rumah Sakit
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2012 12:59
Last Modified: 20 Nov 2015 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3768

Actions (login required)

View Item View Item