FENOMENA PERKAWINAN DI BAWAH UMUR PADA SUKU SAMIN DI DESA KLOPODUWUR KECAMATAN BANJAREJO KABUPATEN BLORA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2008-2018

MUJIYONO, S.H., NIM. 17203010072 (2019) FENOMENA PERKAWINAN DI BAWAH UMUR PADA SUKU SAMIN DI DESA KLOPODUWUR KECAMATAN BANJAREJO KABUPATEN BLORA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2008-2018. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (FENOMENA PERKAWINAN DI BAWAH UMUR PADA SUKU SAMIN DI DESA KLOPODUWUR KECAMATAN BANJAREJO KABUPATEN BLORA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2008-2018)
17203010072_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (FENOMENA PERKAWINAN DI BAWAH UMUR PADA SUKU SAMIN DI DESA KLOPODUWUR KECAMATAN BANJAREJO KABUPATEN BLORA PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2008-2018)
17203010072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

tanngganya, semua itu tidaklah cukup bermodalkan niat dan tekat belaka, tetapi harus didukung oleh pengetahuan tentang kehidupan rumah tangga yang memadai. Untuk itu pentingnya pernikahan hanya dilakukan oleh pasangan yang sudah dewasa atau cukup umur, karena mereka cenderung memiliki kematangan fisik dan kesiapan mental dibandingkan dengan mereka yang masih anak-anak, sehingga akan lebih mudah untuk mengatasi segala cobaan dan rintangan dalam rumah tangganya. Namun demikian, pernikahan di bawah umur masih saja terjadi pada suku samin di Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah ini.Masyarakat Samin di Desa Klopoduwur termasuk masyarakat yang memengang teguh adat dan istiadatnya, meskipun seluruh dari mereka beragama Islam. Oleh karena itu, cara berfikir mereka pun cenderung sama dan masih memakai pendapat tokoh suku Samin atau pendahulunya, termasuk dibolehkannya menikah di bawah usia 19 tahun bagi laki-laki dan 16 tahun bagi perempuan. Diperbolehkannya pernikahan di bawah umur tersebut karena masyarakat desa ini menganggap tidak ada larangan dalam Islam, tetapi meskipun mereka menikah pada usia di bawah umur pasangan tersebut mampu dan bisa mempertahankan kerukunan dalam keluarga sehingga kasus perceraian dan konflik yang besar dalam kelurga tidak ditemukan didalam rumah tangga pasangan perkawinan di bawah umur. Penelitian ini menggunakan metode field research.Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yang berasal dari wawancara dengan tokoh masyarakat dan pelaku pernikahan di bawah umur, dan sumber data sekunder yang berasal dari kepustakaan serta dokumen-dokumen yang telah tersedia yang berhubungan dengan penelitian ini. Dalam penyusunan tesis ini, penyusun menggunakan metode pendekatan sosiologi hukum Islam yaitu suatu pendekatan yang melihat suatu gejala-gejala yang terjadi di dalam rumah tangga dengan dikaitkan nilai-nilai dalam ajaran agama Islam, dan penedekatan Normatif Yuridis yang mana pendekatan ini mengaitkan dan mencocokan dengan pertimbangan Hukum Islam dan juga Undang-undang maupun Kompilasi Hukum Islam. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa lima pasangan nikah di bawah umur pada suku Samin di Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah tahun 2008-2018 tetap mempertahankan kerukunan dan dapat mengarungi bahtera rumah tangga dengan baik, minim terhadap konflik yang membuat rumah tangga tersebut hancur atau kandas, hal-hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yang diyakini sebagai kunci kebahagian rumah tangga masyarakat suku Samin yaitu kesetian pasangan terhadap keluarga dan juga keuletan atau giat dalam menjalankan segala aktifitas sehari-harinya. Kata kunci: suku Samin, nikah di bawah umur,

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. MALIK IBRAHIM, M.Ag
Uncontrolled Keywords: suku Samin, nikah di bawah umur
Subjects: Hukum Keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2) > Hukum Keluarga
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 May 2020 10:25
Last Modified: 27 May 2020 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37689

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum