KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA

HANIFAH SURAIDA SULISTYA NINGRUM, NIM. 15490047 (2019) KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA)
15490047_BAB I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA)
15490047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kinerja guru dalam organisasi lembaga pendidikan. Kinerja guru sangat berpengaruh dalam melaksanakan tugas pembelajaran di madrasah dan bertanggung jawab meningkatkan prestasi peserta didik. Maka dari itu kinerja guru perlu ditingkatkan untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran di madrasah. Untuk meningkatkan kinerja guru tidak terlepas dari peran seorang pemimpin atau kepala madrasah yang demokratis yang dapat memberikan pengarahan dan kesempatan yang seluas-luasnya kepada guru untuk berkembang. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui lebih mendalam tentang kepemimpinan demokratis kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MAN 2 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di MAN 2 Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam penelitian ini teknik keabsahan data menggunakan triangluasi teknik dan sumber. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepala madrasah MAN 2 Sleman Yogyakarta sudah menerapkan pola kepemimpinan demokratis dengan dibuktikan dengan kepala madrasah selalu melibatkan semua unsur yang ada di madrasah. Kepala madrasah MAN 2 Sleman Yogykarta juga bersedia mendengar kritik, saran atau pendapat guru dan kepala madrasah dalam mengambil keputusan dengan musyawarah sehingga yang diambil merupakan keputusan bersama. 2) upaya kepala madrasah MAN 2 Sleman Yogyakarta dalam meningkatkan kinerja guru melalui kompetensi pedagogik yaitu dengan adanya perencanaan program pembelajaran, adanya evaluasi pembelajaran, pemahaman terhadap karakteristik peserta didik, adanya kunjungan kelas; kompetensi kepribadian yaitu dengan menanamkan akhlak mulia dan kedisplinan; kompetensi sosial yaitu adanya rapat musyawarah dan pertemuan dengan walimurid di setiap akhir semester; kompetensi professional yaitu adanya pelatihan, workshop, MGMP untuk menambah wawasan guru; dan penilaian kinerja guru yang dilakukan setiap satu semester satu kali untuk mengukur kemampuan, perencanaan dan pengetahuan guru dalam mengajar. 3) Hasil yang dicapai dari kepemimpinan demokratis kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru yaitu penerapan kepemimpinan kepala madrasah yang terbuka dan terarah sehingga kompetensi kinerja guru telah mencapai kinerja yang baik dan dari hasil

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Wiji Hidayati, M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Demokratis, Kepala Madrasah, Kinerja Guru
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Madrasah Diniyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 24 Jan 2020 10:36
Last Modified: 24 Jan 2020 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37695

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum