STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KARIER DI MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA

IDA ROIDAH, NIM. 15490091 (2019) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KARIER DI MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KARIER DI MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA)
15490091_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN SISWA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KARIER DI MAN 4 BANTUL YOGYAKARTA)
15490091_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (27MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap pandangan masyarakat khususnya para stakeholder pada sekolah dan mengesampingkan madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran jasa pendidikan yang diterapkan MAN 4 Bantul Yogyakarta dalam mneingkatkan kepuasan siswa melalui layanan bimbingan karier menggunakan teori bauran pemasaran marketing mix yang meliputi produk, harga, lokasi/tempat, promosi, SDM, bentuk fisik/ sarana prasarana dan proses di MAN 4 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di MAN 4 Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan cara reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Teknik penentuan validasi dan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil menunjukan: (1) penerapan strategi pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan MAN 4 Bantul Yogyakarta mengadakan kerjasama atau bermitra dengan SMP/MTS, mitra pondok pesantren dan panti asuhan. (2) strategi pemasaran jasa pendidikan di MAN 4 Bantul Yogyakarta melalui teori bauran pemasaran marketing mix yaitu: a) produk yang ditawarkan yaitu pilihan program unggulan tahfidz, LKTI, bimbingan OSN, Robotik, Pembelajaran Integratif, Fieltrip, Studi Kampus, Beasiswa, Studi lanjut ke luar negeri dengan reputasi dan prospek lulusan MAN 4 Bantul mayoritas diterima di UNY, UIN, serta PTN dan PTS baik di luar maupun di dalam DIY Yogyakarta, b) harga yang ditawarkan standar dan terjangkau sesuai dengan fasilitas serta layanan yang diberikan, c) lokasi yang kurang strategis akan tetapi sangat kondusif dan nyaman untuk proses belajar mengajar, d) promosi dilakukan dengan promosi dilakukan melalui interaksi langsung dan interaksi tidak langsung, e) SDM yang dimiliki hampir seluruhnya S1 dan S2, f) bentuk fisik/ sarana prasarana yang dimiliki sudah memadai, g) proses jasa pendidikan melalui pembelajaran yang efektif dengan fasilitas yang ada di madrasah, (3) kepuasan siswa memnggunakan prinsip AIDA+S yaitu Attencion orang tua memperoleh informasi dari saudara atau orang lain dan media masa, Interest mengunjungi dan mengamati kondisi sekolah, Desire menanyakan pendaftaran, Action siswa mengikuti pembelajaran dan Satisfaction siswa akan merasa puas atau kecewa. (3) jasa layanan bimbingan karier yang diterapkan di MAN 4 Bantul sudah sesuai dengan keinginan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Jamroh Latief, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Jasa Pendidikan, teori bauran pemasaran, prinsipAID
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 24 Jan 2020 15:09
Last Modified: 24 Jan 2020 15:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37722

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum