PENGARUH LITERASI DIGITAL, PERSEPSI ATAS MEDIASI ORANGTUA, DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU ONLINE BERISIKO SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) DI PROVINSI DIY

Mustamid, NIM: 1620421013 (2019) PENGARUH LITERASI DIGITAL, PERSEPSI ATAS MEDIASI ORANGTUA, DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU ONLINE BERISIKO SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) DI PROVINSI DIY. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LITERASI DIGITAL, PERSEPSI ATAS MEDIASI ORANGTUA, DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU ONLINE BERISIKO SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) DI PROVINSI DIY)
1620421013_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LITERASI DIGITAL, PERSEPSI ATAS MEDIASI ORANGTUA, DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU ONLINE BERISIKO SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) DI PROVINSI DIY)
1620421013_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Di samping menyediakan kemudahan dan dampak positif bagi anak, internet juga memiliki risiko atau dampak negatif apabila tidak dimanfaatkan dengan bijak. Salah satu dampak negatifnya disebut dengan perilaku online berisiko. Beberapa prediktor yang diduga mampu memprediksi perilaku online berisiko adalah literasi digital, mediasi orangtua, dan kontrol diri. Oleh sebab itu, penelitian ini menguji dan menganalisis pengaruh literasi digital (X1), persepsi atas mediasi orangtua (X2), dan kontrol diri (X3) terhadap perilaku online berisiko (Y) Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di Provinsi DIY. Penelitian kuantitatif korelasional ini meneliti 272 sampel siswa kelas V yang bersekolah di MIN 2 Sleman, MIN 1 Bantul, dan MIN 1 Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan skala yang diadaptasi dari Rodríguez-de-Dios, Igartua, & González-Vázquez ditambah Brian O'Neill & Thuy Dinh dan Hui Zhang & Chang Zhu untuk skala literasi digital, Wonsun Shin & Benjamin Li untuk persepsi atas mediasi orangtua, Tangney, Baumeister, & Boone untuk kontrol diri, dan Adityar untuk perilaku online berisiko. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 21.0 for windows. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Tingkat literasi digital, persepsi atas mediasi orangtua, dan kontrol diri subjek penelitian cenderung tinggi karena mean empiric > mean hipotetik, sementara tingkat perilaku online berisiko cenderung rendah karena mean empiric < mean hipotetik. (2) Literasi digital, persepsi atas mediasi orangtua, dan kontrol diri secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku online berisiko. (3) Sumbangan efektif (SE) literasi digital sebesar 15,90% yang secara relatif setara 31,93%, SE persepsi atas mediasi orangtua 7,40% yang secara relatif setara 14,86%, dan SE kontrol diri sebesar 26,50% yang secara relatif setara 53,21%. Dengan demikian, kontrol diri (X3) menjadi penyumbang terbesar dalam memengaruhi variabel perilaku online berisiko (Y), (4) Literasi digital, mediasi orangtua, dan kontrol diri secara simultan memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap perilaku online berisiko dengan persentase sumbangan sebesar 49,80%. Sedangkan sisanya sebesar 50,20% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dan dibahas dalam penelitian ini. Kata kunci: literasi digital, persepsi atas mediasi orangtua, kontrol diri, perilaku online berisiko.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: literasi digital, persepsi atas mediasi orangtua, kontrol diri, perilaku online berisiko.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Jun 2020 09:17
Last Modified: 04 Jun 2020 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37741

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum