EVALUASI PROGRAM PRAKTIK PEMBELAJARAN DI SEKOLAH (PROGRAM MAGANG III) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL CALON GURU PAI (Studi di Laboratorium Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakrta)

MUHAMMAD MUSTOFA, NIM. 1620401002 (2019) EVALUASI PROGRAM PRAKTIK PEMBELAJARAN DI SEKOLAH (PROGRAM MAGANG III) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL CALON GURU PAI (Studi di Laboratorium Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakrta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM PRAKTIK PEMBELAJARAN DI SEKOLAH (PROGRAM MAGANG III) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL CALON GURU PAI (Studi di Laboratorium Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakrta))
1620401002_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROGRAM PRAKTIK PEMBELAJARAN DI SEKOLAH (PROGRAM MAGANG III) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL CALON GURU PAI (Studi di Laboratorium Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakrta))
1620401002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berusaha mengevaluasi sebuah program yang diadakan oleh Laboratorium Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yaitu Program Praktik Pembelajaran di Sekolah (Program Magang III). Program tersebut sudah berjalan selama 3 tahun, dalam kurun waktu tersebut belum ada penelitian yang mengevaluasi program tersebut atau meneliti terkait program tersebut. Program Magang III memberikan manfaat apa saja bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, yaitu ketika menjadi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi Program Magang III untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional calon guru PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dari aspek konteks, masukan, proses, dan produk. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi, dengan mengambil latar belakang Program Praktik pembelajaran di Sekolah (Program Magang III) yang diselenggarakan oleh Laboratorium Pendidikan FITK. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan kuesioner. Kuesioner sebagai penguat data. Kuesioner dijawab oleh 30 mahasiswa PAI dari angkatan 2013-2014 yang telah mengikuti Program Magang III pada tahun 2016 dan 2017. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan trianggulasi sumber dan data. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kemudian verifikasi/penarikan kesimpulan. Masalah yang diangkat adalah implementasi dan evaluasi dari Program Magang III, sehingga mengetahui program tersebut layak diteruskan atau tidak. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasannya Program Magang III dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional calon guru PAI dilihat dari evaluasi program tersebut yang menyebutkan bahwa keempat evaluasi, yaitu: evaluasi konteks; evaluasi masukan; evaluasi proses; dan evaluasi produk menunjukkan kemampuan Program Magang III sudah baik dan layak dilanjutkan dengan perbaikan-perbaikan untuk menyempurnakan pelaksanaan program. Hasilnya dilihat dari jumlah rata-rata skor 3,04 untuk peningkatan kompetensi pedagogik dan 3,21 untuk peningkatan kompetensi profesional dengan kategori efektif untuk semua. Kata Kunci: Program Praktik Pembelajaran, Evaluasi Program, Kompetensi Pedagogik Guru PAI, Kompetensi Profesional Guru PAI, Kompetensi Pedagogik Calon Guru PAI, Kompetensi Profesional Calon Guru PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Bapak Dr. Radjasa, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Program Praktik Pembelajaran, Evaluasi Program, Kompetensi Pedagogik Guru PAI, Kompetensi Profesional Guru PAI, Kompetensi Pedagogik Calon Guru PAI, Kompetensi Profesional Calon Guru PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Jun 2020 09:18
Last Modified: 04 Jun 2020 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37745

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum