IMPLEMENTASI STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV B DI MI MA’ARIF BEGO SLEMAN YOGYAKARTA

SARTAWI, NIM: 1620420018 (2019) IMPLEMENTASI STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV B DI MI MA’ARIF BEGO SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV B DI MI MA’ARIF BEGO SLEMAN YOGYAKARTA)
1620421018_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV B DI MI MA’ARIF BEGO SLEMAN YOGYAKARTA)
1620421018_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, dengan menggunakan trategi. Strategi yang menarik tentunya akan berpengaruh pula pada pembelajaran agar terciptanya pembelajaran yang berkualitas, khususnya pada pembelajaran IPA. Dari bermacam jenis strategi, peneliti mengangkat staregi Inquiri Mind Want to Know pada pembelajaran IPA kelas IV B di MI Ma,arif Bego Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, baik dampak maupun kelebihan dan kekurangan Starategi Inquiri Mind Want to Know pada pembelajaran IPA kelas IV B di MI Ma,arif Bego Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Adapun bentuk pengumpulan data dengan tiga cara, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa datanya dengan bentuk pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Selanjutnya untuk mengetahui keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa implementasi Strategi Inquiri Mind Want to Know pada pembelajaran IPA ada beberapa cara diantaranya: pelaksanaan bedasarkan langkah- langkah strategi Inquiri Mind Want to Know pada pembelajaran, menggabungkan strategi Inquiri Mind Want to Know dengan contextual teaching and learning CTL dan dengan cara mempraktekkan langsung. Adapun faktor kekurangannya waktu yang kurang memadai untuk siswa. Sedangkan faktor kelebihannya siswa bisa belajar aktif dan menyenangkan. Dampak strategi Inquiri Mind Want to Know pada pembelajaran IPA diantaranya, terhadap siswa lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran dengan rasa ingin tahunya serta siswa dapat mengembang pengetahuan sikap dan keterampilan khususnya dalam ilmu IPA. Selain demikian guru juga mudah untuk memahami siswanya. Kata kunci: strategi, pembelajaran, inquiring, mind want to know.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Erni Munastiwi, MM
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: strategi, pembelajaran, inquiring, mind want to know.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Jun 2020 09:18
Last Modified: 04 Jun 2020 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37748

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum