MANAJEMEN PROGRAM LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI DESA WIDODOMARTANI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA

TRIA PUTRI MEDIANA, NIM. 15490066 (2019) MANAJEMEN PROGRAM LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI DESA WIDODOMARTANI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PROGRAM LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI DESA WIDODOMARTANI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA)
15490066_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PROGRAM LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI DESA WIDODOMARTANI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA)
15490066_BAB-II_SAMPAI-BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap penerapan program literasi di Desa Widodomartani dengan melakukan pengadaan perpustakaan desa dan perpustakaan di setiap padukuhannya, sehingga penelitian ini fokus terhadap perubahan masyarakat dalam meningkatkan minat bacanya, hal ini bertujuan untuk mengetahui manajemen program literasi yang dilakukan di Desa Widodomartani dengan menggunakan 4 fungsi manajemen dalam pelaksanaan manajemen program literasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Perpustakaan Desa Widodomartani. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Teknik analisa data dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua dari masing-masing perpustakaan di Desa Widodomartani, pengurus masing-masing perpustakaan di Desa Widodomartani, dan beberapa pengunjung perpustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Manajemen yang dilakukan oleh masing-masing perpustakaan di Desa Widodomartani yaitu dengan menggunakan empat tahap. Tahap perencanaan pada tahun 2013 Desa Widodomartani mendirikan perpustakaan desa dan membuat strategi yang akan diterapkan kepada masyarakat. Pada tahap pengorganisasian ketua perpustakaan desa memberikan hak otonomi pada setiap ketua perpustakaan padukuhan untuk mengelola program literasi. Pada tahap penggerakan, anggota perpustakaan diminta untuk melakukan terobosan baru untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Pada tahap pengawasan yang dilakukan oleh perpustakaan desa dengan melakukan rapat evaluasi. 2) Strategi peningkatan minat baca masyarakat dengan melakukan kerjasama sekolah, sosialisasi, bedah buku, peprustakaan keliling, gerobak pintar, layanan Audio Visual. 3) Faktor penghambat pada penerapan proram literasi yaitu kendala pada waktu luang masyarkat terbatas, kurangnya dukungan dari masyarakat, tidak ada pemberian sarana dan prasarana, keterbatasan masyarakat. Faktor pendukung yaitu respon masyarakat dan antusiasme anak-anak terhadap literasi, koleksi buku perpustakaan yang sesuai dengan keadaan masyarakat Desa Widodomartani, variasi program yang di lakukan oleh setiap ketua perpustakaan agar bisa meningkatkan masyarakat terhadap literasi. 4) Hasil manajemen program literasi yaitu meningkatnya pengunjung perpustakaan, kesadaran mayarakat pada literasi, pengimplementasian masyarakat terhadap buku yang di baca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Nur Hidayah, S. Th.I., M. Sc
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Program Literasi, Minat Baca
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 27 Jan 2020 09:20
Last Modified: 27 Jan 2020 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37749

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum