INTEGRASI PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 2 YOGYAKARTA DALAM PEMBIASAAN PEDULI LINGKUNGAN HIDUP

Novi Khoirunnisa Kurniawati, NIM : 16204010017 (2019) INTEGRASI PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 2 YOGYAKARTA DALAM PEMBIASAAN PEDULI LINGKUNGAN HIDUP. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 2 YOGYAKARTA DALAM PEMBIASAAN PEDULI LINGKUNGAN HIDUP)
16204010017_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 2 YOGYAKARTA DALAM PEMBIASAAN PEDULI LINGKUNGAN HIDUP)
16204010017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah persoalan lingkungan hidup yang terjadi pada saat ini harus dipecahkan melalui kerja sama berbagai bidang, termasuk pendidikan. Sebagai madrasah adiwiyata, MAN 2 Yogyakarta turut serta dalam pemecahan persoalan lingkungan yang salah satu indikatornya mengintegrasikan pembelajaran dengan pendidikan berwawasan lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model integrasi pendidikan berwawasan lingkungan dengan pendidikan Agama Islam, mengetahui implementasinya, serta kontribusinya dalam pembiasaan peduli lingkungan di MAN 2 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan agar data yang didapatkan valid. Uji keabsahan data ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Model integrasi: 1) Model Integrasi Informatif pada pembelajaran Akidah Akhlak, Fikih dan SKI, 2) Model Integrasi Konfirmatif pada pembelajaran Alquran Hadis, 3) Model Korektif belum diterapkan dalam integrasi pembelajaran di MAN 2 Yogyakarta. Kedua, Implementasi integrasi pendidikan berwawasan lingkungan dengan pendidikan Islam di MAN 2 Yogyakarta ini dilakukan menggunakan prinsip KDB: 1) Menyusun hal yang perlu diketahui peserta didik (Know), 2) Melaksakan kegiatan pembelajaran (Do), 3) Menentukan Peserta didik akan menjadi apa (Be). Ketiga, Kontribusi integrasi pendidikan berwawasan lingkungan dengan pendidikan Islam terhadap pembiasaan peduli lingkungan di MAN 2 Yogyakarta: 1) Kontribusi keilmuan: mengembangkan dan memperkaya disiplin ilmu pendidikan berwawasan lingkungan; 2) Kontribusi praksis: warga madrasah terbiasa menerapkan sikap peduli lingkungan seperti memilah sampah, mengurangi sampah plastik, dan menggunakan kertas bekas layak pakai untuk ulangan harian. Kata Kunci : Integrasi, Pendidikan Berwawasan Lingkungan, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Integrasi, Pendidikan Berwawasan Lingkungan, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Jun 2020 09:18
Last Modified: 04 Jun 2020 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37751

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum