PEMANFAATAN GADGET DALAM PERKEMBANGAN BUDAYA LITERASI BAGI REMAJA DI DUSUN NGALANG KECAMATAN GEDANG SARI KABUPATEN GUNUNG KIDUL

Richi Heriyanto, NIM. 15490071 (2019) PEMANFAATAN GADGET DALAM PERKEMBANGAN BUDAYA LITERASI BAGI REMAJA DI DUSUN NGALANG KECAMATAN GEDANG SARI KABUPATEN GUNUNG KIDUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN GADGET DALAM PERKEMBANGAN BUDAYA LITERASI BAGI REMAJA DI DUSUN NGALANG KECAMATAN GEDANG SARI KABUPATEN GUNUNG KIDUL)
15490071_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN GADGET DALAM PERKEMBANGAN BUDAYA LITERASI BAGI REMAJA DI DUSUN NGALANG KECAMATAN GEDANG SARI KABUPATEN GUNUNG KIDUL)
15490071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap perkembangan budaya literasi di Dusun Ngalang Kecamatan Gedang Sari Kabupaten Gunung Kidul. Kemajuan teknologi gadget tanpa disadari telah mengubah sendi-sendi kehidupan, kebudayaan, dan tatanan hidup dalam masyarakat. Hal tersebut juga telah merubah pola hidup keseharian remaja termasuk pola belajar remaja, sudah jarang sekali ditemukan remaja yang masih gemar membaca buku atau menjadikan buku sebagai sumber belajar sehingga minat baca dan juga budaya literasi menjadi berkurang. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini perlu dilakukan untuk mengidentifikasi alternatif pemanfaatan gadget guna menumbuhkan dan mengembangkan kembali minat baca dan juga budaya literasi bagi remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Dusun Ngalang Kecamatan Gedang Sari Kabupaten Gunung Kidul. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pemanfaatan gadget bagi remaja Dusun Ngalang Kecamatan Gedang Sari Kabupaten Gunung Kidul meliputi, (a) pemanfaatan gadget sebagai sumber informasi, (b) pemanfaatan gadget sebagai alat komunikasi, (c) pemanfaatan gadget sebagai media hiburan. (2) perkembangan budaya literasi bagi remaja Dusun Ngalang Kecamatan Gedang Sari Kabupaten Gunung Kidul meliputi, (a) kegiatan membaca buku teks pelajaran, (b) kegiatan membaca komik dan buku cerita, (c) kegiatan membaca melalui gadget, (d) kegiatan membaca Al-Quran, (e) kegiatan menulis di buku catatan. (3) hasil pemanfaatan gadget dalam perkembangan budaya literasi bagi remaja di Dusun Ngalang Kecamatan Gedang Sari Kabupaten Gunung Kidul meliputi, (a) cara baru dalam proses belajar remaja, (b) solusi dalam menyelesaikan tugas sekolah, (c) sumber bacaan yang luas bagi remaja, (d) media belajar digital bagi remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muhammad Qowim, S.Ag, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Gadget, Budaya Literasi, Remaja
Subjects: Remaja
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 27 Jan 2020 10:17
Last Modified: 27 Jan 2020 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37755

Actions (login required)

View Item View Item