PENERAPAN SISTEM AMONG DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN PERILAKU DAN EMOSI SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN KRAPYAK YAYASAN ALI MAKSUM YOGYAKARTA

ANIS SOFIATI, NIM. 15490082 (2019) PENERAPAN SISTEM AMONG DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN PERILAKU DAN EMOSI SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN KRAPYAK YAYASAN ALI MAKSUM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN SISTEM AMONG DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN PERILAKU DAN EMOSI SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN KRAPYAK YAYASAN ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
15490082_ BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN SISTEM AMONG DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN PERILAKU DAN EMOSI SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN KRAPYAK YAYASAN ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
15490082_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (10MB)

Abstract

Sistem among, pembimbing, kemandirian, perilaku dan emosi pada santri menjadi fokus penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum Yogyakarta. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah pembimbing menerapkan sistem among pada santri putri dan bagaimanakah sistem among dapat membentuk kemandirian perilaku dan emosi santri putri Krapyak Yayasan Ali Maksum Yogyakarta. Tujuannya yaitu untuk mengetahui penerapan sistem among melalui pembimbing di Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum Yogyakarta dan untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam hal kemandirian melalui sistem among. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif, pada metode ini peneliti dapat menemukan polapola hubungan yang jelas dalam memahami interaksi sosial dengan ikut berperan secara langsung, maka kepastian data akan lebih meyakinkan. Adapun metode pengumpulan data yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode wawaNcara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti di Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum, sistem among yang digunakan oleh pembimbing di Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum Yogyakarta dalam maksud membentuk kemandirian perilaku dan emosi santri yaitu dengan asih, asah, dan asuh. di PP. Krapyak Yayasan Ali Maksum secara tidak langsung juga menggunakan asas Ing ngarso sung tuladha, Ing madya mangun karso, Tut wuri handayani. Dalam pandangan Islam metode dalam pendidikan yang digunakan yang sama dengan among metode atau konsep Tut Wuri Handayani antara lain: metode teladan, metode kisah, metode nasehat, metode targhib dan tarhib. Dengan adanya keteladanan, nasihatnasihat yang diberikan pembimbing kepada para santri, mengeksplorasi potensi santri, menghilangkan stress pada santri, mengajarkan berbagi dengan orang lain, menciptakan kebersamaan antar santri, berempati dengan santri, menciptakan hubungan yang baik dengan para santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, Sistem Among, Pembimbing, Kemandirian Perilaku, Kemandirian Emosi
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 27 Jan 2020 11:02
Last Modified: 27 Jan 2020 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37760

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum