EVALUASI PROGRAM TAKHASSUS MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS AND PRODUCT) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS NEGERI 6 SLEMAN YOGYAKARTA

ZAKIYYA LABIBA, NIM. 15490084 (2019) EVALUASI PROGRAM TAKHASSUS MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS AND PRODUCT) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS NEGERI 6 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM TAKHASSUS MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS AND PRODUCT) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS NEGERI 6 SLEMAN YOGYAKARTA)
15490084_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROGRAM TAKHASSUS MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS AND PRODUCT) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS NEGERI 6 SLEMAN YOGYAKARTA)
15490084_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana program takhassus Al- Quran dapat meningkatkan mutu pendidikan. Dibeberapa sekolah salah satunya di MTs Negeri 6 Sleman Yogyakarta, program takhassus Al- Quran dapat menghasilkan mutu lulusan atau alumni yang memiliki kemampuan dan akhlak qurani. Oleh karena itu penulis ingin mengeksplorasi bagaimana program takhassus Al-Quran dapat meningkatkan mutu pendidikan menggunakan evaluasi model CIPP yaitu aspek context, input, process and product di MTs Negeri 6 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di MTs Negeri 6 Sleman Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah pengelola program takhassus di MTs Negeri 6 Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pengelolaan program takhassus di MTs Negeri 6 Sleman melalui empat tahap yaitu: (a) perencanaan program dengan menganalisis kekurangan, pembuatan tujuan pembelajaran, metode dan kriteria pembimbing program, (b) pengorganisasian dengan mengelola sumber daya dan memastikan segala kebutuhan belajar tersedia, (c) pelaksanaan kegiatan dilakukan sesuai rencana yang telah dibuat dalam perencanaan, (d) pengontrolan dilakukan dengan cara mengevaluasi kegiatan secara rutin. (2) Evaluasi program takhassus di MTs Negeri 6 Sleman disesuaikan dengan indikator dalam model evaluasi CIPP yaitu: (a) context evaluasi yang dibahas adalah tentang gambaran yang menjadi pertimbangan dalam perencanaan program takhassus, (b) input yaitu mengenai hal yang membantu dalam proses pengambilan keputusan, (c) process dengan meninjau telah sejauh mana pelaksanaan program takhassus berlangsung, (d) product yaitu hasil apa yang diperoleh bagi madrasah maupun siswa melalui program takhassus baik melalui prestasi akademik maupun non akademik. (3) Implikasi program takhassus terhadap mutu pendidikan di MTs Negeri 6 Sleman ditinjau dari beberapa pencapaian: (a) prestasi siswa secara akademik maupun non akademik sebagai dampak dari program takhassus, (b) penanaman karakter siswa dilihat melalui perilaku sehari-hari, (c) minat orang tua dalam menyekolahkan putra putrinya di MTs Negeri 6 Sleman meningkat sejak program takhassus menjadi program pengembangan yang diunggulkan di MTs Negeri 6 Sleman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Nur Hidayah, S.Th.I., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Takhassus, Model CIPP, Mutu Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 27 Jan 2020 11:09
Last Modified: 27 Jan 2020 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37761

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum