IMPLEMENTASI DAN IMPLIKASI PROGRAM PARENTING DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR (Studi di SDIT Salman Al Farisi Mlati Sleman Yogyakarta)

Fauziah Manurung, NIM: 17204080018 (2019) IMPLEMENTASI DAN IMPLIKASI PROGRAM PARENTING DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR (Studi di SDIT Salman Al Farisi Mlati Sleman Yogyakarta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI DAN IMPLIKASI PROGRAM PARENTING DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR (Studi di SDIT Salman Al Farisi Mlati Sleman Yogyakarta))
17204080018_BAB I_BAB V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI DAN IMPLIKASI PROGRAM PARENTING DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR (Studi di SDIT Salman Al Farisi Mlati Sleman Yogyakarta))
17204080018_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu mengingat besarnya tanggungjawab orang tua terhadap masa depan anak. Keberhasilan anak di dalam menjalani hidup di dunia tergantung pada kedua orang tua. Jika orang tua salah mendidiknya, maka akan berakibat fatal bagi perkembangan kehidupan anak. Oleh karena itu, perlu adanya program untuk membangun kerjasama antara orang tua dengan sekolah. Program parenting adalah salah satu jawaban untuk hal tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Salman Al Farisi Mlati Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan narasumber. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan kemudian memferivikasi atau mengambil simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi program parenting yang diterapkan terbagi atas 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Program parenting yang diterapkan di SDIT Salman Al Farisi Mlati Sleman Yogyakarta mempunyai implikasi yang sangat besar. Implikasi terhadap sekolah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, menjadikan sistem pembelajaran semakin baik, terhadap orang tua dapat menambah wawasan tentang parenting, dan terhadap anak dapat menjadikan prestasinya semakin baik, yang dilakukan dengan adanya upaya menerapkan pengasuhan pendampingan setelah mengikuti program parenting yang terdiri dari pengasuhan fisik motorik, kognitif, moral agama, sosial-emosional, dan bahasa. Adapun faktor pendukung, diantaranya yaitu tempat yang nyaman, narasumber, tema, motivasi dan kesadaran orang tua, pola hubungan yang sehat antara orang tua dan guru, sarana dan prasarana lengkap, serta orang tua berpendidikan tinggi. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya yaitu kesibukan orang tua dan orang tua berpendidikan rendah. Kata Kunci: Program Parenting, Kualitas Pembelajaran, Pendidikan Anak Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Program Parenting, Kualitas Pembelajaran, Pendidikan Anak Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Jun 2020 06:33
Last Modified: 05 Jun 2020 06:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37768

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum